News  

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Siaga Bencana di Empat Provinsi

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Siaga Bencana di Empat Provinsi
Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Siaga Bencana di Empat Provinsi

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Rabu, 9 November 2022, dengan sebagian wilayah Indonesia akan dilanda hujan. BMKG juga mengeluarkan peringatan Siaga bencana hidrometeorologi di beberapa provinsi.

Ibu kota yang diperkirakan dilanda hujan disertai petir adalah Banjarmasin, Kupang, Mamuju dan Padang. Hujan lebat kemungkinan terjadi di Bandung dan Pekanbaru.

Hujan skala sedang diperkirakan terjadi di Bengkulu, Yogyakarta, Surabaya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Jayapura dan Medan. Hujan skala ringan kemungkinan terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Jambi, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Ternate, Manokwari, Makassar, Kendari, Manado dan Palembang.

Beberapa provinsi di Indonesia yang berada dalam kategori Siaga terhadap bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dan lainnya) dampak dari potensi hujan lebat adalah Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan di Samudra Hindia barat Sumatra yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sumatra Utara hingga Lampung, Kalimantan Barat, Selat Karimata, Riau, Laut Jawa bagian barat, dari Jawa Tengah hingga perairan selatan Jawa Barat. 

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, perairan selatan Bali, NTT, Sulawesi Selatan hingga Teluk Tomini, Sulawesi Utara,  Maluku, Papua Barat dan Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Sulawesi, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara dan Samudra Hindia barat daya Sumatra.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut 

Suhu udara berkisar 18-33°C dengan terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Denpasar, Gorontalo, Semarang dan  Surabaya.

Baca:
Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Bibit Siklon Tropis, Siaga Bencana di 5 Provinsi

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.