News  

Sejarah Fried Chicken, Bagaimana Tren Ayam Goreng Krispi Masuk Indonesia?

Sejarah Fried Chicken, Bagaimana Tren Ayam Goreng Krispi Masuk Indonesia?
Sejarah Fried Chicken, Bagaimana Tren Ayam Goreng Krispi Masuk Indonesia?

PIKIRAN RAKYAT – Ayam goreng krispi atau yang dikenal sebagai fried chicken merupakan makanan yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, baik mulai dari anak-anak, remaja, maupun dewasa. Bagi kalian penggemar fried chicken apakah sudah tahu sejarah asal-usulnya? Simak sejarah fried chicken di bawah ini.

Fried chicken di Amerika Serikat menjadi makanan khas orang-orang wilayah Selatan yakni wilayah Texas, Kentucky, atau Florida. 

Konon, ayam goreng ini muncul pertama kali pada abad ke 18 Masehi. Dulu ayam goreng tepung ini disajikan sebagai menu spesial yang hanya ada di acara khusus.

Namun, seiring berjalannya waktu, fried chicken kini makin digemari oleh semua kalangan di berbagai negara yang ada di dunia.


Disinyalir resep fried chicken ini pertama kali ditulis dan dipublikasikan oleh Hannah Glasse, seorang koki yang berasal dari Inggris dalam buku karangannya tahun 1747.

Kendati demikian, banyak orang yang meyakini bahwa sajian ayam goreng ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu di Tiongkok, Timur Tengah, dan Afrika.


Menilik Gua di Bawah Permakaman, Tempat Istirahat Seorang Petani Majalengka yang Viral

  1.     Berasal dari Skotlandia dan Mesir Kuno

Informasi lainnya menyebutkan bahwa para sejarawan percaya jika ayam goreng ini pertama kali diciptakan oleh bangsa Skotlandia dan Mesir kuno.

Sekitar tahun 7500 hingga 5000 sebelum Masehi, ayam ini diolah dengan cara direbus seperti di China, Timur Tengah, dan Afrika Barat.

Kemudian melalui penemuan gambar yang ada di kuburan Fir’aun, diketahui bahwa para budak pembuat piramidanya disuguhi makanan berupa daging ayam.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.