News  

Timnas Indonesia U-19 Perlu Matangkan Switch Play

Timnas Indonesia U-19 Perlu Matangkan Switch Play
Timnas Indonesia U-19 Perlu Matangkan Switch Play

Suara.com – Gelandang serang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan mengatakan dia dan rekan-rekannya perlu mematangkan skema switch play (perpindahan pemain dan bola antarsisi-red) agar lebih efektif dalam pertandingan.

“Kami mesti lebih cepat bergerak, lebih dahulu sebelum bola dioper ke arah selanjutnya,” ujar Marselino dalam rilis PSSI yang diterima Suara.com, Selasa (8/11/2022) malam.

Menurut bintang Persebaya Surabaya yang baru berusia 18 tahun itu, switch play tersebut menjadi evaluasi usai Timnas U-19 menundukkan tim lokal, Antalyaspor U-18 dengan skor 3-2 pada pertandingan uji coba di Turki, Selasa (8/11/2022) malam WIB.

Marselino menambahkan, strategi itu perlu dimaksimalkan karena Timnas Indonesia U-19 juga bermain menekan sejak kotak penalti lawan.


Menang Tipis Lawan Tim U-18 Antalyaspor, Shin Tae-yong Ungkap Satu Kelemahan Dasar Timnas Indonesia U-19

Meski demikian, sang playmaker menilai Timnas U-19 tampil baik saat melawan Antalyaspor sehingga mampu menang meski tertinggal satu gol terlebih dahulu.

“Tim sudah bekerja keras. Pertandingan tadi sangat ketat dan seru. Kami menang karena berhasil memaksimalkan peluang,” tukas Marselino.

Marselino sendiri melesakkan dua gol, lalu dilengkapi Ronaldo Kwateh, dalam pertandingan tersebut. Namun, dia menganggap gol itu merupakan hasil dari kerja keras tim secara keseluruhan.

Keberhasilan mengandaskan Antalyaspor dengan skor 3-2 menjadi kemenangan ketiga Timnas U-19 dari lima pertandingan yang sudah dijalani selama pemusatan latihan (TC) di Turki.

Sebelumnya, skuad berjuluk Garuda Nusantara itu mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1 dan Moldova U-20, pada pertemuan pertama, dengan skor 3-1.


Timnas Indonesia U-19 Jadi Lawan Jepang? Ini Komentar Iwan Bule

Selain itu, Timnas U-19 menahan imbang tanpa gol Moldova pada pertemuan kedua. Satu-satunya kekalahan ng saat menghadapi tuan rumah Turki U-20 yakni dengan skor 1-2.

Garuda Nusantara diagendakan berlatih dan beruji coba di Turki serta Spanyol selama sekitar dua bulan, mulai pertengahan Oktober 2022, sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Adapun Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.