News  

Upah Minimum Tahun 2023 Naik, Menaker: Relatif Akan Lebih Tinggi

Upah Minimum Tahun 2023 Naik, Menaker: Relatif Akan Lebih Tinggi
Upah Minimum Tahun 2023 Naik, Menaker: Relatif Akan Lebih Tinggi

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan bahwa upah minimum pada tahun 2023 akan relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan nominalnya pada tahun 2022.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Menaker dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

“Pada dasarnya sudah dapat dilihat bahwa upah minimum tahun 2023 relatif akan lebih tinggi dibandingkan upah minimum tahun 2022 dengan pertumbuhan ekonomi dan inflasi,” katanya, Selasa, 7 November 2022.


Diketahui, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang terbilang baik sejak triwulan II 2021. Indonesia juga memiliki kekuatan ekonomi di sektor konsumsi rumah tangga yang mencapai 50,38 persen dari total PDB triwulan III 2022.

Tata Cara dan Bacaan Niat Shalat Khusuf Saat Gerhana Bulan Total, Bisa Berjamaah atau Sendiri


Menurut penjelasan Ida Fauziyah, dikatakan bahwa perekonomian Indonesia akan dapat terus tumbuh dengan laju inflasi yang terkendali.

Sementara itu, terkait dengan penetapan upah minimum, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan hal tersebut sejak September 2022.

Ida Fauziyah pun telah menerima sejumlah masukan dari berbagai pihak, termasuk dari pelaku usaha dan para pekerja.

Adapun, saran dari pelaku usaha dan para pekerja diketahui berbeda-beda. Pihak pelaku usaha mendorong penetapan upah minimum dengan menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan.


Artikel ini bersumber dari news.google.com.