News  

Zelensky Nyatakan Terbuka Lakukan Pembicaraan Dengan Rusia, Tapi Hanya Negosiasi “Tulus”

Zelensky Nyatakan Terbuka Lakukan Pembicaraan Dengan Rusia, Tapi Hanya Negosiasi “Tulus”
Zelensky Nyatakan Terbuka Lakukan Pembicaraan Dengan Rusia, Tapi Hanya Negosiasi “Tulus”

Rabu, 9 November 2022 – 07:35 WIB

VIVA Dunia – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan pihaknya terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia, tetapi menekankan bahwa hanya negosiasi “tulus” yang akan memulihkan perbatasan Ukraina. Hanya perundingan tulus yang juga akan memberikan kompensasi bagi Ukraina atas serangan Rusia, dan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan perang, ujarnya.

Sikap itu ia nyatakan melalui video, beberapa hari setelah surat kabar Washington Post melaporkan bahwa pemerintah Amerika Serikat menginginkan pemerintah Ukraina memberikan sinyal atas kesediaannya untuk melakukan pembicaraan. Pemerintah AS juga disebutkan khawatir bahwa, dengan tampil terlalu keras kepala, Kiev dapat membahayakan posisinya sendiri dalam mendapatkan dukungan dari kalangan internasional.

“Siapa pun yang serius tentang agenda iklim juga harus serius tentang perlunya segera menghentikan agresi Rusia, memulihkan integritas teritorial kita, dan memaksa Rusia ke dalam negosiasi damai yang sejati,” kata Zelensky.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)

Ia menyampaikan pernyataan tersebut sebelum berpidato di depan para pemimpin dunia pada KTT iklim global pada Selasa. Ukraina telah berulang kali mengusulkan pembicaraan semacam itu, tetapi “kami selalu menerima tanggapan Rusia yang di luar akal sehat dan disertai dengan serangan teroris baru, penembakan, atau pemerasan,” katanya.

Pemulihan integrasi teritorial

Zelensky menyebutkan syarat-syarat yang menurut dia sangat mudah dimengerti. “Sekali lagi –pemulihan integritas teritorial, penghormatan terhadap Piagam PBB, kompensasi untuk semua kerusakan yang disebabkan oleh perang, hukuman bagi setiap penjahat perang, dan jaminan bahwa ini tidak akan terjadi lagi,” ujarnya.

Artikel ini bersumber dari news.google.com.