Anthony Ginting dan Hendra/Ahsan Turun Satu Tingkat di Peringkat Terbaru BWF

Anthony Ginting dan Hendra/Ahsan Turun Satu Tingkat di Peringkat Terbaru BWF
Anthony Ginting dan Hendra/Ahsan Turun Satu Tingkat di Peringkat Terbaru BWF

idfakta.com – Memasuki pekan ke-36 atau seusai turnamen Super 750 Japan Open 2022, pekan lalu, terdapat sejumlah perubahan dalam daftar peringkat dunia.

Di sektor tunggal putra, Ginting harus puas turun satu tingkat ke posisi keenam dunia seusai tersingkir di perempat final Japan Open 2022 dengan mengantongi 89.879 poin.

Dia digusur pebulu tangkis Taiwan Chou Tien Chen yang menjadi runner-up di Jepang dengan mengantongi 91.126 poin.

Sementara urutan teratas masih di tempati Viktor Axelsen asal Denmark yang mengoleksi 122.606 poin. Kento Momota dari Jepang membuntuti dengan 107.104 poin.

Lalu pebulu tangkis Denmark Anders Antonsen dan Lee Zii Jia masing-masing di posisi ketiga (93.300 poin) dan keempat (91.578 poin).

Perubahan juga terjadi pada sektor ganda putra. Hendra/Ahsan mengalami nasib serupa, turun satu tingkat ke urutan keempat setelah hanya bertahan hingga babak kedua di Jepang. Hendra/Ahsan bertukar tempat dengan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) yang naik ke peringkat tiga.

Adapun Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih kokoh di puncak peringkat ganda putra dengan 107.527 poin, dibayangi ganda putra Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan 102.050 poin.

Ganda putra Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih berada di peringkat keenam dunia mengoleksi 86.855 poin.

Kemudian tiga pasangan muda lainnya yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, tak mengalami perubahan peringkat masing-masing tetap berada di posisi 14, 18, dan 20 dunia.

Beralih ke sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi yang menjadi juara di Japan Open 2022 mengudeta Tai Tzu Ying asal Taiwan di posisi puncak.

Sedangkan pemain andalan Indonesia Gregoria Mariska Tunjung masih bertahan di posisi 23 dunia dengan mengoleksi 52.281 poin.

Pada sektor ganda putri, pasangan asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan masih mempertahankan posisi tertinggi dengan mengoleksi 112.466 poin. Mereka dibuntuti dua wakil Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seung Chan dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Sementara wakil Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi berhasil naik.

Setelah sama-sama melaju hingga perempat final Japan Open 2022, Apriyani/Fadia naik sembilan tingkat tingkat ke posisi ke-31 dengan 45.690 poin dan Febriana/Amalia naik enam tangga ke posisi ke-36 dengan 41.168 poin.

Terakhir pada sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus turun dua peringkat ke urutan ke-18 dunia dengan 60.500 poin.

Pun demikian dengan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso yang turun empat tingkat ke-31 dunia.

Adapun Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti masih tertahan di urutan kelima meski saat ini Praveen tengah menjalani pemulihan cedera dan absen di beberapa turnamen.

Posisi pertama pada sektor ganda campuran masih di tempati pasangan asal Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan 115.400 poin. Sementara wakil China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di bawahnya dengan 110.900 poin.