Kalahkan Andrey Rublev, Frances Tiafoe Melaju ke Semifinal US Open 2022

Kalahkan Andrey Rublev, Frances Tiafoe Melaju ke Semifinal US Open 2022
Kalahkan Andrey Rublev, Frances Tiafoe Melaju ke Semifinal US Open 2022

idfakta.com – Tiafoe, yang ingin menjadi pria Afrika-Amerika pertama yang memenangi US Open sejak Arthue Ashe pada 1968, tampil gemilang untuk mengalahkan unggulan kesembilan asal Rusia Rublev 7-6(7/3) 7-6(7/0) 6-4 dalam dua jam 36 menit.

Laga tersebut menunjukkan penampilan luar biasa Tiafoe yang berusia 24 tahun, yang menyingkirkan petenis legendaris Spanyol Rafael Nadal pada babak keempat.

Tiafoe, unggulan ke-22, akan menghadapi unggulan ketiga asal Spanyol Carlos Alcaraz atau Jannik Sinner dalam penampilan semifinal Grand Slam pertamanya.

Kemenangan Tiafoe berbekal servis yang solid dan penguasaan momen-momen penting.

Petenis AS itu melepaskan 18 ace dan tidak pernah dipatahkan sekali pun oleh Rublev, yang ingin mencapai semifinal Grand Slam pertamanya setelah lima kali tersingkir di perempat final.

Rublev tidak dapat mengambil satu pun dari empat break point yang dia dapatkan selama kompetisi berkualitas tinggi dengan margin terbaik itu.

Petenis Rusia berusia 24 tahun itu mendapatkan break point pada kedudukan 6-5 di set pertama tetapi tidak mampu mengkonversi angka ketika Tiafoe berjuang untuk bertahan.

Tiafoe kemudian menunjukkan ketenangan yang lebih besar di tie-break, menutupnya dengan ace untuk memimpin satu set.

Set kedua dimainkan dengan cara yang hampir sama, dengan tie-break setelah kedua pemain tidak bisa mendapatkan break dari servis.

Namun, Tiafoe sekali lagi bangkit. Ace back-to-back membawanya memimpin 5-0 sebelum pukulan backhand memberinya enam poin untuk memimpin dua set, membuat perbedaan yang semakin sulit untuk dikejar bagi Rublev.

Meski begitu, petenis Rusia itu tetap berusaha dengan menahan servis pada gim ketiga set ketiga, bangkit dari ketertinggalan 15-40.

Namun, tidak lama setelah itu Tiafoe mengambil break untuk memimpin 4-3 yang membuat Rublev diliputi emosi, tampak tersedu-sedu dengan handuk menutupi wajahnya.

Tiafoe menahan dua break point di gim berikutnya dan memimpin 5-3 dengan ace ke-17 sebelum menutup kemenangan, demikian Antara.