Singkirkan Matteo Berrettini, Casper Ruud ke Semifinal US Open Pertamanya

Singkirkan Matteo Berrettini, Casper Ruud ke Semifinal US Open Pertamanya
Singkirkan Matteo Berrettini, Casper Ruud ke Semifinal US Open Pertamanya

idfakta.com – Unggulan kelima asal Norwegia itu menyingkirkan petenis Italia Berrettini dengan 6-1, 6-4, 7-6 (7/4) untuk melaju ke semifinal turnamen Grand Slam keduanya setelah menjadi runner-up French Open lalu di bawah Rafael Nadal.

Kyrgios yang finalis Wimbledon menghadapi Karen Khachanov dalam perempat final Selasa malam waktu AS yang bertepatan dengan Rabu pagi WIB.

“Itu awal yang lebih baik dari sebelumnya. Semuanya berjalan sesuai keinginan saya, ditambah Matteo tidak melakukan servis sebaik biasanya,” kata Ruud yang tertinggal 2-5 pada set ketiga.

“Saya agak gugup menjelang akhir set kedua karena segalanya berjalan terlalu bagus. Set ketiga sangat sulit,” sambung dia seperti dikutip AFP.

Petenis Norwegia itu lima kali mematahkan servis petenis Italia tersebut sembari menyelamatkan tujuh dari sembilan break point.

Pada set ketiga Ruud melesat 2-0. Petenis berusia 23 tahun itu menyelamatkan dua set poin pada game ketujuh sebelum mendominasi tiebreak.

Kyrgios, yang mengalahkan peringkat satu dunia dan juara bertahan Daniil Medvedev pada putaran ketiga, berusaha menjadi petenis Australia pertama yang mencapai semifinal US Open sejak Lleyton Hewitt pada 2005.

Sedangkan Khachanov bermain dalam perempat final Grand Slam ketiganya tetapi belum pernah lolos ke semifinal.

“Saya kira Nick sudah menempuh langkah sebagai pemain. Kita semua tahu dia talenta besar dan tahun ini dia sudah membuktikan diri bisa memenangi pertandingan berturut-turut dan itu mengesankan,” kata Ruud seperti dimuat Antara.

“Mari kita lihat apakah laga nanti itu akan menjadi drama atau tidak, tapi saya siap untuk apa pun.”

Perseteruan Kyrgios dan Ruud dimulai pada 2019 ketika petenis Australia itu didiskualifikasi di Rome Masters.

Dia dihukum karena menyumpahi hakim garis. Kyrgios sangat marah sampai melemparkan kursi ke lapangan, mengemasi tasnya dan menghambur ke luar lapangan.

Dia kemudian didenda 20.000 euro dan dihukum pengurangan poin peringkat.

Ruud menyeru Kyrgios dilarang mengikuti tur selama enam bulan dan menyebut dia “idiot”. Kyrgios membalas dengan menyebut tenis Norwegia itu “membosankan”.

Namun Kyrgios dan Ruud memainkan pertandingan tanpa insiden di Indian Wells pada Maret yang dimenangi oleh petenis Australia itu dengan dua set langsung.