idfakta.com – Bertempat di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Daihatsu menyediakan dua unit test drive generasi baru Daihatsu Ayla . Menariknya, salah satu unit merupakan varian 1.000 cc bertransmisi manual.

Setelah menjajal varian teratas Ayla terbaru, redaksi Kompas.com langsung mengambil kesempatan untuk merasakan impresi berkendara varian yang lebih murah.

Secara dimensi, tentu Ayla 1.0 X MT ADS punya dimensi yang sama dengan varian teratas 1.2 R CVT ADS. Artinya dari sisi pengendalian, kedua mobil tidak begitu jauh berbeda.

Bantingan suspensi juga cenderung sama, di mana generasi baru Ayla terasa lebih rigid dari sebelumnya. Tapi dibayar dengan pengendalian yang lebih lincah.

Namun karena mobil ini mengusung mesin dengan kapasitas lebih kecil dan bertransmisi manual, rasa berkendaranya jelas berbeda.

Perbedaan pertama datang dari getaran mesin yang tampaknya lebih terasa ketimbang varian di atasnya.

Ayla 1.0 X MT ADS mengusung mesin 1KR-VE, DOHC, VVT-i berkapasitas 998 cc 3-silinder naturally aspirated dengan tenaga 67 PS atau setara 64 Tk dan torsi 89 Nm.

Di atas kertas, teknologi mesin ini jelas lebih unggul. Terlebih bila dibandingkan dengan mesin 1KR-VE lama yang belum VVT-i dengan tenaga 64,1 Tk dan torsi 86 Nm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Pada transmisi manualnya, tuas transmisi cukup pendek dan nyaman digenggam.

Sementara pedal kopling terasa enteng. Adapun proses perpindahan gigi tidak begitu ringan, tapi terasa cukup presisi.

Dengan transmisi manual mobil juga terasa lebih responsif ketika berakselerasi. Buat pemakaian dalam kota, terlebih di area test drive yang terbatas, tenaga Ayla 1.0 X MT ADS sudah lebih dari cukup

Soal pemilihan material, Ayla 1.000 cc ini juga mirip dengan versi 1.200 cc yang interiornya didominasi plastik keras.

Beberapa fitur seperti head unit, memang mengusung model yang lebih sederhana. Tapi secara fungsi masih cukup baik digunakan. Termasuk pengaturan AC yang pakai kenop putar, bukan tombol sentuh seperti pada Rocky.

Dengan tampilan eksterior yang tidak berbeda jauh dengan varian di atasnya, Ayla 1.0 X MT ADS jadi pilihan menarik buat yang tidak mementingkan mesin 1.200 cc dan fitur lengkap.

Mobil ini pastinya cocok dipakai buat kegiatan sehari-hari karena modelnya yang ringkas dan potensi mesin yang bisa mengolah bahan bakar lebih efisien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey