Libur Telah Tiba, Pemilik Mobil Matik Wajib Waspada Kendaraannya

idfakta.com – Libur Natal dan Tahun Baru 2023, sekaligus libur sekolah telah tiba.

Banyak keluarga yang memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru 2023 untuk bepergian, baik berwisata maupun mudik.

Ada yang menggunakan transportasi umum, tetapi banyak juga yang memilih untuk memakai kendaraan pribadi.

Berkaitan dengan pemakaian kendaraan pribadi, salah satu pemilik bengkel, Pirman memberikan wejangan kepada pemilik mobil matik.

Sebelum melakukan perjalanan, pemilik kendaraan wajib memeriksa kondisi moda transportasi pribadinya, mulai dari mesin, ban, rem, baterai, lampu, hingga wipper kaca.

Untuk mobil matik, Pirman menyebutkan jika ada yang harus diperhatikan mengenai tanda-tanda jika mobil matik tersebut bermasalah, yaitu berkaitan dengan transmisinya.

“Jika transmisi matik bermasalah, biasanya ada delay ketika perpindahan dari N ke D misal, atau ngayun atau ngegredet (tersendat) saat akselerasi, atau bahkan ada yang sampai tidak bisa jalan mobilnya,” kata Pirman.

Selain tanda tersebut, Pirman juga mengungkapkan tanda lain yang harus diwaspadai.

“Tanda-tanda lainnya yang harus diwaspadai antara lain oli transmisi rembes,” ujar Pirman.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari tanda-tanda tersebut, Pirman berujar pengendara lebih baik memeriksakan kendaraannya terlebih dulu.

“Lebih baik dicek dulu, dan segera diperbaiki jika seperti itu. Jangan memaksakan berlibur dengan kondisi kendaraan tidak fit karena nanti ketika ada masalah di perjalanan, ongkosnya bisa lebih besar,” ucap Pirman dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.***

error: Content is protected !!