2 Cara Kirim Chat WA ke Diri Sendiri Tanpa Simpan Nomor dengan Mudah

idfakta.com – – Aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, kini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan (chat) ke diri sendiri tanpa harus lebih dulu menyimpan nomor yang dipakainya.

Sejak awal Desember lalu, fitur chat WA ke nomor sendiri mulai digelontorkan ke pengguna secara luas, setelah beberapa bulan terakhir diuji coba. Fitur ini hadir di aplikasi WhatsApp lewat opsi “kirim pesan ke diri sendiri”.


Dengan fitur bawaan tersebut, pengguna dapat menyimpan catatan atau pesan penting ke ruang obrolan dari nomornya sendiri. Lantas, bagaimana cara chat diri sendiri di WA? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara chat diri sendiri di WA.

Cara chat diri sendiri di WA

Kirim chat WA ke nomor sendiri via fitur bawaan “kirim pesan ke diri sendiri”

  • Pada halaman awal aplikasi, ketuk ikon pena untuk mulai mengirim chat baru.
  • Setelah itu, bakal muncul daftar kontak sebagai target penerima chat.
  • Pada daftar itu, silakan pilih opsi “kirim pesan ke diri sendiri”. Untuk diketahui, opsi tersebut biasanya muncul di daftar teratas kontak yang akan dikirim chat.
  • Kemudian, halaman ruang obrolan untuk berkirim chat ke diri sendiri di WA akan terbuka.
  • Saat halaman ruang obrolan dari nomor sendiri telah terbuka, pengguna bisa mengirim chat di sana.
  • Chat WA ke nomor sendiri juga bisa berasal dari pesan di ruang obrolan kontak lain yang diteruskan (forward) oleh pengguna.

Cukup mudah bukan untuk kirim chat WA ke nomor sendiri? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada aplikasi WhatsApp versi 22.23.77 di iPhone. Beda wadah untuk mengakses mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Seandainya belum kebagian fitur bawaan “kirim pesan ke diri sendiri” di aplikasi WhatsApp, terdapat cara alternatif yang bisa dilakukan. Untuk kirim chat WA ke nomor sendiri, pengguna juga bisa memanfaatkan website “wa.me”, berikut adalah caranya.

Kirim chat WA ke nomor sendiri lewat website “wa.me”

  • Kunjungi website ini , dengan diikuti tanda “/” dan menambahkan nomor sendiri sebagai target penerima chat.
  • Nomor dimasukkan dengan format menggunakan awalan kode negara “62”, bukan “0”. Jadi, secara keseluruhan contohnya adalah seperti ini “https://wa.me/6285851223576” (tanpa tanda kutip).
  • Bila format yang dimasukkan sesuai maka website bakal menghubungkan dengan aplikasi WhatsApp dan ruang obrolan dari nomor sendiri bakal otomatis terbuka.
  • Di ruang obrolan itu, pengguna bisa kirim chat WA ke nomor sendiri.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar dua cara chat diri sendiri di WA, baik melalui fitur bawaan “kirim pesan ke diri sendiri” maupun lewat website “wa.me”, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!