Ada Celah Keamanan Berbahaya, Google Imbau Pengguna Segera Update Chrome

Ada Celah Keamanan Berbahaya, Google Imbau Pengguna Segera Update Chrome
Ada Celah Keamanan Berbahaya, Google Imbau Pengguna Segera Update Chrome

idfakta.com – Google mengimbau seluruh pengguna peramban Chrome versi desktop, baik platform Windows , Linux , maupun MacOS untuk segera melakukan pembaruan (update) ke versi 105.0.5195.102 sesegera mungkin.

Sebab, Google menemukan adanya celah keamanan yang cukup serius yang berpotensi dieksploitasi hacker.

Dalam resminya, Google mengungkapkan bahwa ada ancaman dengan kode “CVE-2022-3075” yang dilabeli sebagai ancaman tingkat tinggi. Ancaman ini dilaporkan oleh seorang sumber yang tidak disebut identitasnya, pada 30 Agustus lalu.

Google mengatakan akan merilis pembaruan ke seluruh pengguna Chrome dalam beberapa hari hingga pekan ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (7/9/2022).

Google tidak menjelaskan lebih rinci tentang bug tersebut. Google hanya mengatakan bahwa akses ke detail bug atau link terkait akan dibatasi sampai seluruh pengguna Chrome melakukan upate. Hal ini diamksudkan untuk mencegah hacker lain mengeksploitasi celah tersebut dan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Dilansir dari Malware Bytes, CVE-2022-3075 dideskripsikan sebagai “invalidasi data yang tidak mencukupi di Mojo”. Menurut Chromium, Mojo merupakan kumpulan pustaka yang digunakan oleh Chromium, basis kode di mana Google Chrome dibuat.

Cara update Chrome

Untuk melakukan update Chrome di desktop, pengguna bisa ketuk ikon menu di sudut kanan atas, tepatnya di sebelah ikon profil. Pilih opsi “Help” dan klik “About Chrome”.

Di laman tersebut, pengguna bakal melihat versi Chrome yang sedang dijalankan perangkat. Apabila ada update yang tersedia, segera lakukan pembaruan.

Setelah proses update selesai, buka dan tutup kembali (relaunch) Google Chrome tersebut agar versi terbaru dapat bekerja.

Pembaruan ini digulirkan Google setelah merilis update Chrome versi 105 (105.0.5195.52 untuk MacOS dan Linux, 105.0.5195.52/53/54 untuk Windows) pada 30 Agustus lalu.

Pembaruan itu menambal 24 kerentanan keamanan. Namun rupanya, update tersebut masih belum cukup menambal kerentanan CVE-2022-3075. Celah keamanan itu adalah yang keenam kalinya dihadapi Chrome sepanjang tahun 2022 ini.