5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP OPPO

5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP OPPO
5 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP OPPO

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP OPPO – Ketika menyadari koleksi video hilang atau terhapus, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Terdapat beberapa solusi cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP OPPO untuk diterapkan agar file bisa pulih kembali.

Saat ini beberapa HP sudah dilengkapi dengan fitur bawaan yang bisa digunakan untuk memulihkan file. Diantaranya juga ada yang melakukan pencadangan data secara otomatis ke Cloud sehingga bisa secara mudah menemukan file yang terhapus.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP OPPO Termudah

Cara mengembalikan video yang terhapus di HP OPPO sebenarnya tidak sulit, karena terdapat beberapa metode yang bisa diterapkan. Tutorialnya mirip dengan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP OPPO, namun perlu dipahami juga bahwa tidak semua file yang terhapus bisa dikembalikan.

Banyak sekali faktor penyebab yang membuat hal tersebut sulit dilakukan, misalnya file sudah terhapus terlalu lama, mengalami rusak sehingga tidak bisa dipulihkan, dan lainnya. Jika ingin mengembalikan file video, cobalah beberapa cara yang sudah dirangkum Idfakta di bawah ini.

1. Fitur Bawaan HP

Teknologi yang semakin berkembang membuat produsen HP terus berinovasi dan mengembangkan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah fitur baru dihapus. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa mengembalikan file yang terhapus secara cepat. 

Fitur ini bisa diakses secara mudah melalui menu galeri maupun file manager. Ikuti panduan memulihkan file video seperti di bawah ini.

  • Buka menu Galeri atau File Manager pada HP.
  • Pada Galeri, silahkan temukan tab Album, kemudian pilih folder Baru dihapus. Jika di File Manager, folder Baru dihapus berada pada halaman utama dekat dengan pilihan ruang penyimpanan perangkat.
  • Setelah masuk ke dalam folder, akan muncul daftar video yang terhapus.
  • Silahkan pilih video yang akan dipulihkan.
  • Pada bagian sudut layar tekan icon titik tiga, kemudian pilih opsi Pulihkan.
  • Secara otomatis video akan kembali ke tempat penyimpanan sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP OPPO ini hanya bisa digunakan jika file dihapus tidak lebih dari 30 hari. Hal tersebut terjadi karena fitur baru dihapus, hanya menyimpan file terhapus selama 30 hari. 

Setelah itu akan dihapus secara permanen. Cara ini tidak bisa diterapkan jika sebelumnya folder baru dihapus sudah dikosongkan terlebih dahulu. Jika seperti ini, artinya video sudah dihapus secara permanen.

2. Google Photos

Untuk pengguna Android, Google Photos merupakan aplikasi bawaan yang sudah terpasang pada perangkat. Umumnya file akan tersinkronisasi secara otomatis ke layanan tersebut. 

Sehingga secara tidak langsung, semua foto dan video akan di backup. Untuk itu proses pemulihan video yang hilang bisa dilakukan dengan cara di bawah ini.

  • Akses Google Photos yang ada di perangkat.
  • Temukan video yang akan dipulihkan.
  • Unduh video untuk bisa kembali disimpan pada galeri.

Cara Mengembalikan Video yang Hilang di HP OPPO Menggunakan Aplikasi

Selain mengandalkan fitur bawaan, cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP OPPO juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi bisa didapatkan secara mudah melalui Google Play Store. 

Aplikasi didesain dengan tampilan yang sederhana sehingga tidak membuat membuat bingung dan bisa dimanfaatkan secara optimal. Berikut diantaranya aplikasi yang bisa digunakan.

1. EaseUS MobiSaver

Aplikasi yang satu ini hadir dengan fitur terlengkap. Sehingga bukan hanya mampu menerapkan cara memulihkan video yang terhapus di HP OPPO saja, namun semuanya.

Fitur yang tersedia memungkinkan pengguna untuk memulihkan chat, foto, hingga kontak. Prosesnya pun sangat instan, berikut langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol Start. Secara otomatis aplikasi akan melakukan scanning.
  • Akan muncul daftar file yang bisa dipulihkan. Lakukan pratinjau terlebih dahulu untuk bisa menemukan video yang ingin disimpan kembali.
  • Pilih file video. Tekan opsi Recovery untuk mengembalikan data yang sudah dipilih.
  • Simpan video yang sudah dipulihkan. Video yang hilang sudah bisa dikembalikan.

2. Dumpster

Cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP OPPO bisa mengandalkan aplikasi Dumpster. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat membantu pengguna untuk mengembalikan video yang terhapus. 

Ukuran aplikasi sangat ringan sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan. Simak cara memulihkan video yang hilang berikut ini.

  • Tekan menu yang berada di sudut kiri, kemudian tekan pemulihan tingkat tinggi.
  • Daftar file yang terhapus akan langsung dimunculkan.
  • Perhatikan, apakah video yang diinginkan terdapat pada daftar tersebut atau tidak.
  • Jika sudah ketemu, tekan video dan pilih Pulihkan untuk bisa mengembalikannya secara otomatis ke galeri.

3. File RecoveryRecover Deleted Files

Cara menggunakan aplikasi ini sangat simple, pengguna tidak perlu berupaya keras untuk bisa memulihkan video yang terhapus. Hanya perlu memilih fitur yang tersedia saja. Tanpa harus rooting, pengguna bisa langsung memanfaatkan fitur setelah memasang aplikasi.

Hal tersebut memungkinkan proses pemulihan yang dilakukan bisa berjalan lancar dan aman. Berikut panduannya:

  • Silahkan tunggu beberapa saat. Nantinya akan dimunculkan semua video yang terhapus.
  • Pilih video >> Restore Now untuk bisa memulihkannya.

Tata cara mengembalikan video yang terhapus permanen di HP OPPO bisa diterapkan secara simple tanpa repot pada seri F7,  A96, A95, A92, A92s, A91, A83, A77, A76, A745G, A74, A71, A59s, A57, A565G, A55, A55s, A54, A54s, A53, A52, A51, A39, A36, A35, A33, A31, A30, A16, A16k, A16e, A15s, A15, A11k, A11s, A12, Neo9A37, A9, A7, A5s, A5, A3s, A1, Oppo Reno, Oppo Find, Oppo Neo, dan lainnya. Lakukan pemulihan segera saat menyadari video hilang, karena bisa saja file tersebut tidak bisa dipulihkan jika sudah terlalu lama.