Google Umumkan Tanggal Peluncuran Pixel 7 Series

Google Umumkan Tanggal Peluncuran Pixel 7 Series
Google Umumkan Tanggal Peluncuran Pixel 7 Series

idfakta.com – Google akhirnya resmi mengumumkan tanggal peluncuran untuk ponsel Android terbaru bikinannya, yaitu Google Pixel 7 series .

Ada dua model Pixel 7 Series yang bakal diluncurkan, yakni Pixel 7 “reguler” dan Pixel 7 Pro. Keduanya bakal menjadi suksesor dari Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang dirilis Oktober 2021 lalu.

Melalui akun Twitter resmi dengan handle @madebygoogle, Google mengumumkan bakal menggelar acara bertajuk “#MadeByGoogle” pada Kamis 6 Oktober 2022.

Meski tak ditulis secara eksplisit, panggung acara tersebut disiapkan untuk meluncurkan ponsel Pixel 7 Series.

Dalam twit tersebut, Google juga mengunggah sebuah video teaser berdurasi 10 detik yang menampilkan ponsel Pixel 7 Series, Pixel Watch, dan Pixel Buds Pro.

Sebelum mengungkap tanggal peluncuran, Google sendiri sudah memamerkan tampang Pixel 7 Series dalam gelaran konferensi pengembang tahunan Google I/O 2022 pada Mei 2022.

Ketika itu, Google juga turut memperkenalkan jam tangan pintar pertamanya Pixel Watch dan earbuds Pixel Buds Pro.

Bocoran spesifikasi Google Pixel 7 Series

Ada dua model Pixel 7 Series yang bakal diluncurkan 6 Oktober 2022 mendatang, yakni Pixel 7 “reguler” dan Pixel 7 Pro.

Belum banyak bocoran spesifikasi yang beredar soal dua ponsel baru Google ini. Namun, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro disebut akan dibekali chipset Tensor generasi terbaru buatan Google, yakni Google Tensor G2.

Sebelumnya, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menjadi ponsel Pixel pertama yang dibekali chipset bikinan Google sendiri, Google Tensor.

Dalam acara Google I/O yang digelar di Shoreline Aphitheatre, Mountain View, California AS pada Mei lalu, Google hanya memamerkan bagian belakang dari Pixel 7 Series tersebut.

Pixel 7 Series masih mengadopsi desain yang mirip dengan Pixel 6 Series.

Pixel 7 Series memiliki modul kamera kamera berbentuk persegi panjang, yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung di sisi atas punggung ponsel.

Bedanya, warna modul tersebut kini lebih terang, alih-alih hitam seperti di Pixel 6 series.

Modul dari aluminium tersebut, menampung tiga kamera dan satu lampu flash. Modul itu juga tampak masih menonjol, serupa dengan milik Pixel 6 series.

Belum diketahui berapa resolusi masing-masing kamera tersebut. Namun, salah satu dari lensa itu terlihat berbentuk kotak. Biasanya lensa dengan bentuk seperti ini adalah lensa periskop untuk mengambil gambar jarak jauh.

Kemungkinan lensa tersebut hanya tersedia untuk varian “Pro”. Pixel 7 Series akan tersedia dalam sejumlah pilihan warna, seperti hitam, putih, abu-abu, atau silver.

Sebenarnya ketika mengungkap tampang Pixel 7 Series, Google juga pamer perangkat tablet pertama buatannya, yang tampaknya akan diberi nama Pixel Tablet. Namun, tablet ini disebur baru akan diluncurkan tahun depan.

Spesifikasi Pixel Watch

Saat memperkenalkan Pixel Watch pada Mei lalu, Google sudah mengungkap sejumlah spesifikasi Pixel Watch.

Misalnya, dari aspek software, Pixel Watch menjalankan sistem operasi khas smartwatch buatan Google, yakni WearOS 3 yang dilapisi antarmuka yang mampu menampilkan notifikasi dan petunjuk arah.

Pixel Watch diposisikan sebagai arloji digital yang eksklusif untuk perangkat Android. Artinya, Pixel Watch hanya bisa dihubungkan pada smartphone berbasis Android saja, setidaknya pada OS Android 8.0 atau lebih baru.

Beberapa fitur yang dapat dijalankan pada Pixel Watch mencakup Google Maps, Google Assistant, Google Wallet, dan Google Home.

Pixel Watch mampu menampilkan petunjuk arah dari aplikasi Maps, meski posisinya tidak sedang berdekatan dengan smartphone yang terhubung ke perangkat.

Google Wallet juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran, sedangkan Google Home untuk mengontrol perangkat yang terhubung ke ekosistem smart home.

Ada pula fitur Find My Device yang bisa digunakan untuk melacak lokasi smartphone Pixel, earbuds, atau perangkat lain yang hilang.

Dalam merancang Pixel Watch, Google turut mengintegrasikan sejumlah kemampuan dari Fitbit, vendor aksesori fitness yang telah diakuisisi perusahaan pada 2019 lalu.

Hal ini ditandai dengan hadirnya fitur Active Zone Minutes yang berfungsi untuk melihat analisa statistik saat sedang berolahraga.

Beberapa fitur lain yang dimiliki Pixel Watch mencakup kemampuan water resistance (fitur anti-air) yang mampu melindungi perangkat hingga kedalaman 50 meter. Pixel Watch tersedia dalam opsi 4G LTE.

Spesifikasi Pixel Buds Pro

Google juga sudah mengungkap spesifikasi dari Pixel Buds Pro.

Pixel Buds Pro sendiri merupakan “saudara” dari Pixel Buds yang dirilis Google pada tahun 2020. Tak heran jika desainnya dibuat identik.

Misalnya dari aspek casing yang hampir serupa. Perbedaannya adalah Pixel Buds Pro memiliki lebih banyak mikrofon dibanding Pixel Buds.

Pixel Buds Pro dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti active noise cancellation (ANC), konektivitas Bluetooth multipoint yang memungkinkan earbuds terubung ke dua sumber audio sekaligus, hingga sertifikasi tahan air IPX4.

Google juga melengkapi Pixel Buds Pro dengan sensor yang dapat mengukur tekanan perangkat pada lubang telinga dan menyesuaikannya agar terasa nyaman bagi pengguna.

Untuk aspek daya tahannya, Pixel Buds Pro diklaim menawarkan baterai yang tahan lama. Google mengeklaim earbuds barunya itu dapat bertahan hingga 7 jam untuk mendengarkan musik non-stop ketika fitur ANC aktif. Bila ANC-nya dimatikan, daya tahannya lebih lama lagi, bisa sampai 11 jam.

Google juga menjanjikan fitur pelacak gerakan kepala untuk menavigasi lagu, seperti pada AirPods Pro. Namun fitur ini baru akan hadir pada akhir tahun.