Realme Buka-bukaan soal Strategi Bisnis Smartphone di Indonesia Tahun Depan

idfakta.com – Realme buka-bukaan soal strategi bisnis mereka di Indonesia untuk tahun 2023 mendatang. Strategi bisnis itu disebut “Spire”, yang berarti bahwa Realme ingin menghadirkan produk baru dengan teknologi yang inovatif.

Realme mengatakan, ada tiga pilar utama dalam strategi mereka untuk menghadirkan teknologi yang inovatif. Ketiga pilar tersebut meliputi desain, pengalaman, dan performa.

Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, mengatakan bahwa produk Realme di tahun depan akan mencakup ketiga pilar tersebut, tetapi salah satu di antaranya akan menjadi yang diunggulkan.

“Kami ingin memberikan teknologi yang benar-benar baru dan inovatif. Pilarnya ada tiga yang kami fokuskan, entah dari desain, performa atau pengalaman. Jadi bisa dipastikan produk Realme ke depan memiliki inovasi baru,” kata Krisva di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Salah satu contoh produk yang merupakan implementasi strategi Spire yaitu Realme 10 Pro Plus, yang dikonfirmasi bakal rilis di Indonesia pada awal tahun depan. Smartphone ini menawarkan keunggulan layar melengkung (curved display) meskipun dikategorikan sebagai ponsel kelas menengah.

Menurut Realme, ponsel itu akan menjawab kebutuhan pengguna kalangan muda di Indonesia yang mengidamkan pengalaman premium dan flagship di ponsel kelas menengah. Di pasaran sendiri, ponsel dengan konsep tersebut tersedia untuk kategori high end.

“Dengan Realme 10 Pro Plus, kami mau memberi curve display. Selama ini mereka (konsumen) mungkin belum merasakan curve display di mid range. Itulah yang jadi target kami. Akhirnya kami bawa curve display ke mid range,” ujar Krisva.

Sebelumnya strategi Spire ini, Realme dikenal memiliki strategi bisnis dengan sebutan 5+1+T.

Maksudnya, setiap peluncuran produk baru Realme di Indonesia meliputi lima produk mencakup laptop, smart TV atau perangkat wearable seperti earphone TWS, smartwatch dan lainnya, satu ponsel serta T yang melambangkan Techlife, mencakup produk AIoT seperti smart air purifier dan lainnya.

Menurut Krisva, Spire merupakan strategi baru Realme yang ditujukan khusus untuk smartphone . Oleh karena itu, strategi ini bukan menggantikan strategi 5+1+T yang sudah diusung Realme sebelumnya.

Pangkas beberapa model ponsel

Sejalan dengan strategi baru yang dipaparkan di atas, Realme menyatakan bahwa perusahaan akan fokus pada ponsel model “number series”, yaitu ponsel dengan penamaan yang menggunakan angka, seperti Realme 8, Realme 9, Realme 10, dll.

Adapun total model ponsel Realme saat ini terbagi dalam tiga kategori, meliputi number series, seri-Gt seri-C.

Nah, untuk tahun depan Realme akan memprioritaskan number series. Alasannya adalah untuk menunjang kebutuhan pengguna yang ingin merasakan pengalaman premium pada ponsel kelas menengah.

“Tujuan dari Realme number series itu ingin memberikan pengalaman premium, flagship. Caranya dengan menghadirkan fitur-fitur yang ada di flagship,” kata Krisva dalam kesempatan yang sama.

Selain meningkatkan fitur premium di lini seri menengah, Realme akan memfokuskan model ponsel number seriesnya pada beberapa varian saja. Hal ini ditempuh agar konsumen bisa lebih cepat dalam menentukan pilihan ketimbang banyak varian.

Krisva mencontohkan, Realme 8 series yang terdiri dalam beberapa varian termasuk Realme 8i. Nah, nantinya suksesor dari ponsel tersebut hanya akan tersedia dalam beberapa model saja. Sayangnya Krisva tak merinci berapa model yang akan dirilis Realme untuk setiap ponsel number seriesnya.

“Fokus di setiap seri itu ada satu produk yang diunggulkan, jadi kalau dulu mungkin ada satu seri yang banyak, misalnya Realme 8i, Realme 8s dan lain-lain, nah mungkin akan coba kami kurangi agar orang tidak bingung,” papar Krisva.

Meski dipangkas, dengan cara itu Realme meyakini penjualan ponselnya tak akan menyusut karena produknya menjadi lebih fokus pada beberapa model saja.

Sementara itu, Realme juga memiliki lini model ponsel lainnya selain tiga kategori yang sudah dijelaskan di atas, yakni Narzo series. Meski tak disinggung, Narzo series tak lantas dipensiunkan dari Indonesia.

Krisva menjelaskan bahwa Narzo series merupakan lini seri khusus yang tidak masuk dalam tiga kategori yang ia paparkan. Namun model ini akan tetap dirilis pada tahun-tahun mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!