Travel  

155.000 Wisatawan Datang ke Labuan Bajo Selama 2022

idfakta.com – Jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo hingga November 2022 tercatat sebanyak 155.712 orang, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Angka itu berdasarkan data Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF). Dibandingkan dengan tahun 2021 lalu yang hanya berkisar 65.000, angka tersebut naik lebih dari dua kali lipatnya.

“Jumlah ini mengalami peningkatan dari jumlah kunjungan pada tahun 2021, yaitu sebesar 65.362 wisatawan,” ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina saat dikonfirmasi Selasa (20/12/2022).

Pihaknya akan terus berupaya menggenjot peningkatan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder terkait.

Misalnya, menambah atraksi wisata baru.

Pada 2022, misalnya, penataan kawasan dalam kota Labuan Bajo telah tuntas.

Saat ini, kawasan tersebut memiliki wajah baru dengan area-area terbuka publik, seperti Waterfront Marina, kawasan pedestrian dalam kota, serta bangunan-bangunan ikonik yang menambah keindahan Labuan Bajo.

Penambahan atraksi baru juga diupayakan lewat penyelenggaraan berbagai event berskala nasional yang lahir dari ide-ide lokal. Termasuk salah satunya menciptakan citra Labuan Bajo sebagai destinasi MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions).

“Terutama dengan diselenggarakannya beberapa event KTT G20 di Labuan Bajo yang tahun 2022 ini menjadi satu dari 19 side meeting KTT G20 di Indonesia,” jelas Shana.

Ia menambahkan, Tahun 2023, lebih dari 20 festival budaya, tematik, maupun sport tourism event telah disiapkan untuk mengisi Labuan Bajo dan sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!