Travel  

3 Destinasi di Filipina yang Cocok untuk Solo Traveling

3 Destinasi di Filipina yang Cocok untuk Solo Traveling
3 Destinasi di Filipina yang Cocok untuk Solo Traveling

idfakta.com – Menjelajahi beberapa destinasi di Filipina bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin solo traveling ke luar negeri, namun mencari destinasi yang tak terlalu jauh dari Indonesia.

Dengan penerbangan langsung sekitar empat sampai lima jam dari Jakarta, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di Manila, ibu kota Filipina.

Ditambah lagi, sejak 30 Mei 2022, wisatawan yang sudah mendapatkan vaksin booster tidak perlu menyertakan hasil tes negatif Covid-19 sebelum keberangkatan.

“Filipina telah membuka kembali perbatasan negara bagi pelancong internasional sejak 10 Februari 2022 yang dilanjutkan dengan pembebasan syarat tes Covid-19 pra-keberangkatan bagi penumpang yang telah mendapat vaksinasi lengkap per 30 Mei 2022,” ujar Route Development Head and Market Development Head for Indonesia, Buena Carla F. Zaldivia di Jakarta, Kamis (01/09/2022).

Destinasi di Filipina untuk solo traveling

Setidaknya, ada tiga destinasi di Filipina yang cocok untuk solo traveling:

1. Cebu

Cebu merupakan pulau terbesar ke sembilan di Filipina yang masuk dalam Kepulauan Visayas.

Jika mencari destinasi di Filipina yang cocok untuk solo traveling, kamu wajib memasukkan Cebu ke dalam daftar.

Cebu juga menjadi kota tertua sekaligus ibu kota pertama di Filipina, serta merupakan kota metropolitan dan pusat budaya Visayas.

Adapun Pulau Visayas merupakan bekas jajahan Spanyol karena di sini lah Ferdinand Magellan mendarat pertama kali pada tahun 1521 untuk menjajah Filipina.

Menurut Dewi, perwakilan Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) di Indonesia, Cebu adalah kota yang penuh dengan situs bersejarah peninggalan Spanyol di Filipina.

“Pergilah ke kota Cebu untuk melihat sejarah kolonial Spanyol di Filipina, juga ada sejarah saat agama Katolik bermula 500 tahun lalu dari kota itu,” kata Dewi kepada Kompas.com, Kamis.

Bagi kamu yang punya hobi menyelam, berenang, dan berbagai aktivitas air lainnya bisa berwisata ke Pulau Pescador di Cebu.

Di sana kamu akan merasakan sensasi berenang dengan Whale Shark di Oslob, hingga melihat berbagai binatang-binatang laut, seperti kawanan ikan sarden.

2. Palawan

Destinasi berikutnya yang cocok untuk solo traveler adalah Palawan. Kata Dewi, di tempat ini wisatawan akan menikmati sensasi berenang di salah satu situs warisan UNESCO sekaligus tempat menyelam terbesar di dunia, yakni Tubbataha.

Palawan juga punya pantai ikonik bernama El Nido. Pantai ini memiliki pemandangan spektakuler yang dikelilingi oleh hutan hujan.

3. Metro Manila

Metro Manila cocok bagi solo traveler yang suka berbelanja atau sekedar mencoba city tour, berkeliling melihat kehidupan kota yang menyenangkan.

Tidak perlu khawatir masalah harga makanan. Sebab, meskipun harga bervariasi, namun sebetulnya tidak berbeda jauh dengan kisaran harga makanan di Indonesia.

“Budget makan mirip dengan Indonesia, sekali makan bisa mulai dari Rp 20.000 dalam versi Rupiah karena mata uang kita kan tidak beda jauh,” kata salah satu staf PDOT, Sinta, Kamis.

Transportasi di Filipina juga terbilang mudah. Tersedia berbagai pilihan seperti ojek online, bajaj, dan bus antarkota.

Wisatawan hanya perlu mendatangi terminal bus “Partas” yang tersedia di kota Manila dan kota lainnya.

“Akses transportasi antar kota di Filipina bisa menggunakan bus Partas (semacam DAMRI) yang banyak tersedia di terminal-terminal Manila,” kata travel blogger, Decky, membagikan pengalaman wisata ke Filipina pada Agustus lalu.