Travel  

Kenapa Natal Dirayakan Tiap Tanggal 25 Desember?

idfakta.com – Hari Raya Natal tinggal hitungan hari. Tahun ini, Natal jatuh pada Minggu (25/12/2022).

Tanggal 25 Desember memang selalu identik dengan Hari Raya Natal setiap tahunnya. Pada tanggal itu, umat Kristiani merayakan kelahiran Yesus .

Kelahiran Yesus Kristus itulah yang hingga saat ini diperingati sebagai Hari Raya Natal setiap tahunnya.

Namun, kebenaran mengenai tanggal tersebut juga sempat diperdebatkan. Salah satu penyebabnya adalah informasi mengenai waktu yang minim dalam Alkitab, dilansir dari (25/12/2019).

Hal tersebut dapat dilihat dalam bagian Perjanjian Baru dalam Alkitab, terutama pada bagian Injil. Dalam Alkitab, terdapat empat Injil yang ditulis oleh empat penulis yang berbeda, yaitu Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.

Dalam Injil tersebut, ditulis mengenai kisah kematian dan kebangkitan Yesus. Namun, kisah kelahiran Yesus hanya terdapat dalam Injil Lukas dan Matius.

Akan tetapi di kedua injil tersebut, tidak disebutkan waktu yang spesifik atas peristiwa tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu sebab sempat terjadinya perdebatan mengenai tanggal 25 Desember sebagai kelahiran Yesus.

Kelahiran Yesus akhirnya ditetapkan tanggal 25 Desember

Meski sempat terjadi perdebatan, kelahiran Yesus akhirnya ditetapkan menjadi tanggal 25 Desember yang kini diperingati sebagai Hari Natal.

Menurut Profesor Teologi Emeritus di University of Portland, Fr. Richard Rutherford, C.S.C., selama sekitar setengah abad terakhir, sejarawan liturgi menemukan tulisan-tulisan awal gereja Kristen kuno yang berisi info tentang kelahiran Yesus.

Tulisan-tulisan tersebut menunjukkan bahwa pada tanggal 25 Maret, gereja Kristen merayakan dikandungnya Yesus oleh Maria yang menerima kabar tersebut dari malaikat.

Rutherford pun menyimpulkan bahwa kelahiran Yesus pun terjadi pada 25 Desember karena pada tanggal tersebut, Maria sudah genap mengandung selama sembilan bulan.

Hal yang sama juga diutarakan oleh seorang sejarawan Kristen Romawi, Sextus Julius Africanus, dilansir dari situs britannica.com.

Sejarawan Kristen Romawi tersebut memperkirakan waktu Yesus dikandung terjadi pada tanggal 25 Maret.

Setelah dikandung selama sembilan bulan, Yesus pun dilahirkan ke dunia pada tanggal 25 Desember.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!