Travel  

Tarif Parkir di Wisata Pantai Bantul, Jangan Sampai Bayar Mahal

idfakta.com

YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Bantul merupakan destinasi wisata favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta saat libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru.

Menyambut momen itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah berkoordinasi dengan pelaku wisata agar tarif parkir saat libur akhir tahun 2022, sesuai ketentuan dan aturan.

“Sekitar 10 hari yang lalu saat pertemuan dengan beberapa koorditaor pelaku wisata salah satu yang dibahas mengenai parkir,” kata Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Markus Purnomo Adi saat dihubungi melalui telepon Senin (19/12/2022).

Saat pertemuan itu, pihaknya sudah mengingatkan pelaku wisata untuk memberikan pelayanan parkir sesuai tarif yang ditentukan.

Tarif parkir kawasan wisata pantai di Bantul

Markus menjelaskan bahwa untuk tarif resminya sesuai informasi dari pengelola gumuk pasir, sepeda motor Rp 3000, mobil Rp 10.000, dan Bus Rp 15.000.

“Harga itu sesuai informasi dari pengelola gumuk pasir. Mestinya satu kawasan sama,” kata Ipung, panggilan akrab Markus.

Ipung berharap, tidak ada keluhan dari wisatawan terkait besaran tarif parkir, sehingga mereka bisa nyaman saat berkunjung ke kawasan pantai.

Dikatakannya, Bantul menargetkan 150.000 wisatawan saat libur akhir tahun. Kunjungan wisata sudah mulai naik saat ini karena sudah libur sekolah.

Dijelaskannya, target ini untuk wisata beretribusi di Bantul, seperti kawasan pantai, dan goa yang saat ini sudah ditarik retribusi.

Jumlah wisatawan di Bantul terus bertambah

Adapun pengunjung kawasan wisata di Bantul,sudah mengalami kenaikan minggu ini. Jika dihitung dari tanggal 12 sampai 18 Desember 2022, total ada 47.655 pengunjung.

“Minggu ini sudah mengalami kenaikan sekitar 34,9 persen dibandingkan kunjungan minggu lalu. Kenaikan ini diperkirakan karena sudah mulai hari libur sekolah,” kata Ipung

Ipung mengatakan bahwa untuk malam tahun baru, dinas Pariwisata Bantul tidak menggelar aganeda khusus. Namun, warga sekitar kawasan wisata akan menggelar hiburan.

Seperti di kawasan Bojong asri, pantai Goa Cemara, Puncak Sosok.

“Akan ada musik dan kembang api,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!