Wisata  

10 Air Terjun Cantik di Sekitaran Bandung Paling Mempesona dan Mana Yang Masih Tersembunyi?

idfakta.com – Berlibur ke air terjun mungkin bisa menjadi pilihan terbaik ketika kita mulai merasa bosan dengan rutinitas dan keramaian kota.

Hal tersebut dikarenakan objek wisata alam satu ini menawarkan sensasi berbeda, dimana udaranya masih sangat sejuk dan alamnya juga asri.

Nah, kota Bandung sendiri terkenal memiliki wisata air terjun dengan jumlah cukup banyak, mulai dari yang lokasi tersembunyi, jarang dikunjungi hingga paling hits ada disini.

Berikut, ada daftar nama air terjun hits di kota kembang Bandung yang memiliki pemandangan paling indah dan sangat bagus untuk dikunjungi referensi JejakPiknik.

1. Curug Pelangi Cimahi

Alamat: Jln.Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kec.Cisarua, Kabupaten Bandung, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 07.00-18.00HTM: Rp.15.000No.Telp: 0812 1404 8781

Siapa tak kenal dengan objek wisata Curug Pelangi Cimahi (Rainbow Cimahi), salah satu curug terindah, terbesar sekaligus tertinggi di kota kembang yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya.

Saking eksotisnya, sudah banyak tersebar foto-foto, gambar dan video curug tersebut di media sosial dan hal inilah yang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong datang kesini.

Keindahan dan keromantisan spot ini akan terlihat jelas saat sore menjelang malam, dimana kita bisa melihat warna-warni yang sangat cantik seperti pelangi.

Selain pemandangan air terjunnya, panorama alam sekitarnya serta sederet fasilitasnya seperti peta lokasi dan piknik site juga menjadi sajian lengkap yang siap untuk memanjakan pengunjungnya.

2. Curug Citambur

Alamat: Ds.Karang Jaya, Pasir Kuda, Cianjur Selatan, BandungMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.3.000

Sarat dengan mitos dan memiliki akses cukup sulit tidak mendefenisikan bahwa spot Citambur ini buruk, justru pengunjung akan dibuat berdecak kagum ketika melihat panoramanya yang indah.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter dan debit air cukup deras sehingga memunculkan uap mirip kabut tipis, menjadikan spot di daerah Ciwidey ini jadi destinasi paling tepat untuk basah-basahan.

Apalagi disekitarnya dikelillingi oleh pepohonan hijau serta bentangan rumput lebat, tak ayal nuansa di tempat yang kerap disandingkan dengan jurug Sebalor Tulungagung ini pun nampak sangat alami.

3. Curug Malela

Alamat: Kampung Manglid, Ds.Cicadas, Rongga, BandungMap: Klik DisiniJam Buka: 07.00-16.30HTM: Rp.5.000

Dijuluki sebagai “niagara mini”nya kota Bandung, tak heran bila tempat rekreasi bernama curug Malela ini menyedot banyak perhatian wisatawan baik lokal hingga mancanegara.

Dengan ketinggian mencapai 60-70 meter, objek yang menyajikan pemandangan perpaduan antara air terjun dan khas pegunungan ini siap untuk memanjakan setiap mata pengunjungnya.

Tak hanya dibekali dengan akses yang sudah baik dan juga spot menarik, di lokasi tersebut kita juga akan disapa monyet berekor panjang(Macaca pascicularis).

4. Dago Pakar

Alamat: Jln.Dago Pojok, Dago, Kec.Coblong, Kab.BandungMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: GratisNo.Telp: (022)2933 180

Walau terkenal memiliki nilai sejarah, namun air terjun Dago Pakar ini termasuk sebagai salah satu destinasi wisata murah, mengapa? Ya karena biaya tiket masuk ke spot tersebut tidak berbayar.

Dan meskipun termasuk wisata murah tapi bukan berarti murahan ya, justru perpaduan antara pesona gunung juga air terjun spot di dekat Tahura Djuanda ini membuatnya semakin terlihat sangat alami indahnya.

5. Curug Maribaya/Omas

Alamat: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Kel.Cibodas, Kec.Lembang, BandungMap: Klik DisiniJam Buka: Jumat-sabtu(09.00-18.00), Minggu-Kamis(09.00-17.00)HTM: Rp.35.000No.Telp: (022)822 228

Bila curug pada umumnya menyajikan air yang sangat jernih dan segar, Curug Maribaya atau Ciomas dekat sungai Cikahuripan ini justru berbanding terbalik dari biasanya.

Curug yang berada di sebelah utara Bandung dan di bagian timur Lembang ini dari dahulu memang sudah terkenal karena memiliki tempat pemandian air panas.

Pemandian air panas yang dikombinasikan dengan udara sejuk serta pepohonan rindang menjadi sajian paling mantap dari objek wisata di sekitar wilayah Cibodas ini.

6. Curug Sawer

Alamat: Ds.Cililin Gabus Girang,Karangtanjung, Bandung BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 08.00-17.00HTM: Rp.2.500

Walau lokasinya mudah dijangkau tapi spot air terjun bernama Sawer tersebut masih sangat jarang dikunjungi, tak heran bila nuansa di sekitarnya terlihat begitu alami jauh dari tangan-tangan jahil.

Dan konon katanya, masyarakat setempat percaya bahwa jika kita mandi di curug ini maka akan awet mudah serta enteng jodoh. Wajar saja jika tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pasangan muda-mudi.

7. Curug Penganten Pangalengan

Alamat: Ds.Padaasih, Cisarua, Bandung BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 06.00-17.00HTM: Rp.5.000No.Telp: (022)7273 209

Kawasan wisata alam bernama Penganten ini menyajikan keindahan 2 air terjun yang letaknya berdampingan dengan aliran berbeda dan memiliki debit serta arus juga tak sama.

Dan sama halnya dengan objek wisata lainnya, spot satu ini juga tak lepas dari yang namanya mitos. Namun walaupun begitu, tempat tersebut masih saja selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

8. Cilengkrang Ujung Berung

Alamat: Ds.Cilengkrang, BandungMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.5.000No.Telp: 0817 613 246

Objek wisata baru yang terletak di daerah Cilengkrang ini masih sangat asing di telinga wisatawan, jadi wajar saja jika spot tersebut jarang dikunjungi.Namun buat pecinta fotografi, berkunjung ke sejumlah spot menarik air terjun Cilengkrang tersebut adalah hal yang tak bisa dilewatkan dan bisa dikatakan destinasi paling wajib buat dikunjungi.

9. Cibareubeuy

Alamat: Ds.Nagrak, Ciater, Kab.SubangMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.10.000

Berada di wilayah sama dengan air terjun Capolaga yakni Subang dan juga menyajikan pesona alam tak kalah indah, membuat objek wisata bernama Cibareubey ini patut dipertimbangkan sebagai alternatif destinasi wisata.

10. Cinulang

Alamat: Ds.Cicalengka, Sindangwangi, Sindulang, Cimanggu, SumedangMap: Klik DisiniJam Buka: 08.00-18.00HTM: Rp.5.000

Di lokasi Cinulang ini, Sahabat JejakPiknik akan dihadapkan pada pemandangan indah dua air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter dan debit air cukup deras.

Namun dibalik keindahannya, ada mitos perihal jodoh yang dipercaya hingga kini. Dimana jika kita membawa pasangan ke lokasi tersebut, konon katanya hubungan akan kandas dan tidak sampai pada pernikahan.

Nah, sudah puas dengan objek diatas? Mungkin berkunjung ke beberapa objek wisata terdekat ke Bandung dibawah ini juga bisa menjadi pengalaman lebih menarik, seperti:

– Curup Bidadari Sentul– Bandung Loji Karawang dan– Curup Batu Templek Impun

error: Content is protected !!