Wisata  

10 Daftar Biaya Hidup di Negara India Per Bulan, Apakah Benar Lebih Murah Daripada Indonesia?

idfakta.com – Jika mendapatkan kesempatan untuk tinggal di luar negeri, negara manakah yang ingin kalian tinggali? Sebagian besar orang pasti menjawab Amerika Serikat, Australia, atau negara-negara di Eropa. Sayangnya, biaya hidup di negara-negara ini cukup mahal.

Padahal, di Asia masih banyak negara yang memiliki biaya hidup cukup murah seperti misalnya India. Negara ini dikabarkan memiliki biaya hidup yang paling murah sedunia lho, mengalahkan dua tetangganya, Pakistan dan Nepal.

Beberapa kota seperti New Delhi, Mumbai, dan Bangalore menawarkan gaji yang cukup tinggi bagi kalian yang bekerja penuh atau paruh waktu di sana sehingga cukup untuk menutupi kebutuhan bulanan kalian.

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di India 2022? B Yuk, kita lihat dulu rinciannya.

1. Sewa Tempat Tinggal

Biaya untuk tempat tinggal adalah salah satu yang wajib dibayarkan. Ada beberapa pilihan untuk hunian, seperti asrama kampus dan apartemen. Nah, biayanya tergantung dari beberapa faktor seperti tipe hunian, letak, dan fasilitas yang diberikan.

Untuk mahasiswa yang masih kuliah, tinggal di asrama kampus bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Harga asrama kurang lebih 300 Rupee per bulan atau sekitar Rp. 60.000 yang sudah mencakup keamanan, listrik, air, dan wi-fi.

Tinggal di asrama adalah pilihan yang paling murah bagi para mahasiswa. Namun, jika tinggal di asrama kalian akan harus berbagi kamar dengan beberapa orang sehingga minim privacy.

Buat kalian yang ingin privacy lebih, menyewa apartemen bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. Harganya berbeda-beda, tergantung dari beberapa faktor seperti letak, luas hunian, dan fasilitas. Namun, pastinya harga sewa apartemen lebih mahal dari asrama.

Harga sewa apartemen satu kamar di pusat kota kurang lebih 12.000 Rupee atau setara dengan Rp. 2.300.000 per bulan. Mau yang lebih murah lagi? Cobalah untuk sewa apartemen di pinggiran kota, tarifnya hanya 7.000 Rupee atau setara Rp. 1.400.000.

Apartemen tiga kamar lebih mahal lagi nih harga sewanya. Di pusat kota, tarifnya dikenakan sebesar 28.000 Rupee atau Rp. 5.600.000 per bulan, sementara di pinggiran kota bisa mencapai 16.000 Rupee atau setara dengan Rp. 3.200.000 satu bulan.

Wah, jika dilakukan perbandingan antara India vs Indonesia, dari segi hunian India jauh lebih murah ya!

2. Tagihan Utilitas

Dengan menyewa sebuah hunian, tentunya kalian perlu membayar tagihan utilitas. Bagi para mahasiswa yang tinggal di asrama biasanya tidak perlu lagi membayar biaya ini karena sudah termasuk di harga sewa per bulannya.

Namun, bagi kalian yang memutuskan untuk sewa apartemen, tagihan utilitas adalah biaya lain yang patut untuk diperhitungkan. Jumlahnya bisa berbeda untuk setiap orang, karena tergantung dari pemakaian.

Biaya untuk listrik per bulan bisa mencapai Rp. 100.000 atau sekitar 500 Rupee, sementara untuk wi-fi kurang lebih Rp. 140.000 atau setara dengan 700 Rupee.

3. Makan dan Minum

Pengeluaran lain yang tak kalah penting adalah untuk makan dan minum. Biaya makan di India cukup murah, per porsinya hanya bermacam-macam, di kisaran 20 – 300 Rupee atau setara dengan Rp. 4.000 hingga 60.000.

Buat mahasiswa yang tinggal di asrama, biaya makan untuk satu bulan bisa lebih murah yakni 2.500 Rupee atau setara dengan Rp. 500.000. Ini adalah biaya makan yang kalian langsung bayar untuk satu bulan penuh!

Sementara untuk minuman, air mineral di India lebih murah daripada di Indonesia. Satu botol air mineral 330 ml dihargai sekitar 14 Rupee atau setara dengan Rp. 2.800.

4. Transportasi

Untuk menunjang kebutuhan mobilitas, biaya transportasi juga merupakan suatu pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Kalian bisa memiliki motor atau menggunakan transportasi umum saja.

Jika kalian memiliki motor, maka yang diperlukan untuk bensin adalah sekitar 1.500 Rupee atau setara dengan Rp. 300.000. Harga bensin per liternya bisa mencapai 68 Rupee atau sekitar Rp. 14.000. Nah, tapi ini balik lagi tergantung pemakaian ya!

Namun, buat kalian yang ingin menggunakan transportasi umum, biayanya juga berbeda-beda. Tiket sekali jalan di India berkisar antara 15 – 20 Rupee atau sekitar Rp. 3.000 – 4.000.

Buat kalian yang ingin beli tiket langganan juga ada lho, harganya terjangkau juga yaitu sekitar 600 – 650 Rupee atau setara dengan Rp. 120.000 – 130.000.

5. Komunikasi

Buat menunjang kebutuhan komunikasi, tentunya kalian perlu membayar paket data untuk ponsel. Harga paket data tentunya berbeda-beda ya, tergantung provider dan paket yang kalian pilih.

Namun, kalian memerlukan sekitar 300 – 1.500 Rupee untuk membeli paket data nih, atau setara dengan Rp. 60.000 – 100.000 per bulan. Kalo untuk biaya ini hampir sama yah dengan Indonesia?

6. Biaya Kuliah

Bagi para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di India, biaya kuliah adalah sesuatu yang wajib untuk dibayarkan. Namun, ini juga tergantung dari setiap kampus dan program studi yg diambil.

Biaya kuliah di universitas negeri akan memakan puluhan juta per tahunnya. Untuk universitas swasta, rata-rata lebih mahal yah daripada negeri.

Jika kalian mendapat beasiswa, ini merupakan salah satu keuntungan karena tidak perlu membayar biaya kuliah. Banyak pilihan beasiswa yang bisa kalian ambil untuk menghemat pengeluaran nih!

7. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, kalian juga perlu belanja bulanan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok seperti bahan-bahan makanan, camilan, perlengkapan kebersihan, dan lain-lain.

Nah, kabar baik nih, belanja bulanan di India tergolong murah, bahkan mengalahkan Indonesia. Harga beras di India itu sekitar 50 Rupee atau setara dengan Rp. 10.000.

Selain itu, harga daging di India dijual dengan harga 320 Rupee per kilogram atau setara dengan Rp. 64.000. Nah, ini sih jauh lebih murah dari Indonesia yg per kilogramnya saja minimal Rp. 120.000 ya!

8. Hiburan dan Rekreasi

Buat menghilangkan penat, kalian sebagai anak rantau pasti butuh yg namanya hiburan dan rekreasi. Nah, biaya untuk ini tergantung dari gaya hidup masing-masing orang ya.

Semakin sering kalian pergi ke luar kota, pasti akan lebih mahal biaya yang dikeluarkan untuk rekreasi. Buat yg lebih banyak rekreasi di dalam kota, ya pasti lebih murah.

Namun, pengeluaran yg satu ini adalah kebutuhan sekunder, jadi jumlahnya bisa disesuaikan sama kemampuan kalian ya.

9. Belanja Pakaian

Untuk pakaian, harga di Indonesia dan di India berbeda tipis. Beberapa ada yg dijual lebih murah di Indonesia dan juga ada yg lebih murah dijual di India. Pastinya, untuk baju yg bermerek akan lebih mahal daripada yg dijual di pasaran ya.

Contohnya, satu potong jeans Levis di India harganya sekitar 2.200 Rupee atau setara dengan Rp. 441.000. Ini sedikit lebih mahal dari Indonesia yg menjual satu potongnya dengan harga Rp. 464.000.

Harga sepatu pantofel di India juga lebih murah lho, yakni sekitar 2.600 Rupee atau Rp. 521.000. Di Indonesia, harga sepasangnya minimal bisa mencapai Rp. 800.000 lho!

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah uang minimal yg kalian butuhkan untuk membiayai hidup di India adalah 5.000 Rupee atau setara dengan Rp. 1.002.520 per bulan. Untuk kalian yg ingin lebih menikmati hidup, Rp. 4.000.000 per bulan juga sudah lebih dari cukup lho!

Namun, perlu diketahui bahwa angka di atas tidaklah mutlak karena tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan setiap orang. Jadi, masih mau gak merantau ke India?

error: Content is protected !!