Wisata  

10 Rekomendasi Makanan Khas Negara Hongkong Siap Menggoyang Lidahmu, Jangan Sampai Terlewatkan

idfakta.com – Banyak alasan untuk mencintai Hong Kong, salah satu negara metropolitan dengan perpaduan suku budaya unik yang memberikan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan.

Namun selain budayanya, satu alasan lain mengapa Hongkong begitu layak dicintai adalah karena keanekaragaman kulinernya yang luar biasa dan wajib buat dicoba.

Beraneka macam makanan khas berkualitas dari ragam budaya yang unik kerap disajikan dengan tampilan menarik di pasar pinggir jalan hingga ke restoran membuat Hongkong menjadi salah satu surga bagi pecinta kuliner.

Nah, penasaran apa saja makanan yang menjadi ciri khas Hongkong? Yuk, kita lihat daftar lengkap dibawah ini.

1. Kau Kee Beef Brisket

Menjadi salah satu makanan terbaik di dunia, kau kee beef brisket adalah kuliner khas Hongkong pertama yang wajib buat kita coba saat berkunjung ke kota tersebut.

Berdasarkan resep, kau kee Beef brisket ini terbuat dari daging sapi lembut yang dimasak dengan menggunakan bumbu kaldu kemudian disajikan bersama mie khas Hongkong.

Pengen mencobanya? Satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah Kau Kee Restaurant di 21 Gough street, central, Hongkong. Restoran yang sudah sangat terkenal ini biasanya buka mulai pukul 12.30-22.30.

Berbicara tentang harga, Sahabat JejakPiknik hanya perlu merogoh kocek sekitar $5 atau Rp.68.500 saja untuk menikmati seporsi kau kee beef ini.

2. Dim Sum

Baik ketika mendengar nama ataupun melihat gambar dan foto makanannya, Sahabat JejakPiknik pasti sudah sangat akrab dengan kuliner satu ini.

Yup, dim sum adalah salah satu makanan khas Hongkong yang juga sudah mendunia dan kerap dijadikan sebagai menu andalan di beberapa tempat kuliner.

Dim sum terbuat dari tepung beras kenyal yang didalamnya diisi udang dan dimasak dengan cara dikukus lalu disajikan langsung dalam wadah bambu.

Dan Tim Ho Wan di 9-11 Fuk Wing Street adalah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi dim sum di Hongkong. Restoran ini buka mulai pukul 10.00-22.00 malam. Untuk harga seporsinya hanya dibanderol sekitar 14-30HKD atau 25-50 ribuan saja.

3. Roast Goose Drumstick

Roast goose drumstick adalah sejenis masakan tradisional khas Hongkong berbahan dasar daging angsa yang dipanggang hingga empuk dan diberi bumbu racikan khusus.

Karena dimasak secara sempurna, kelezatan kuliner halal ini pun begitu menggugah selera dimana daging dan lemaknya sangat renyah nan lembut.

Jika Sahabat JejakPiknik ingin mencicipi angsa panggang terbaik di Hongkong, datanglah ke Yat Lok Roast Goose di 34-38 Stanley street. Restoran ini buka pukul 07.30-21.00 malam. Untuk harganya, sangat bersahabat yakni sekitar $3 atau 41 ribuan seporsinya.

4. Egg Tart

Buat Sahabat JejakPiknik yang suka menikmati penganan manis, jangan lupa cicipi oleh-oleh egg tart khas Hongkong ini ya.

Egg tart adalah sejenis cemilan ringan favorit orang Hongkong yang terbuat dari campuran kuning telur, susu dan gula. Kue berukuran kecil ini bahkan pernah menjadi salah satu makanan kesukaan Gubernur Inggris lho.

Bagi yang ingin berburu egg tart, Tai Cheong Bakery di 32 Lyndhurst Terrace, central adalah tempat terbaik di Hongkong. Toko kue ini buka mulai 07.30-21.00 malam. Dan mengenai harganya, sangat murah kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp.9.000/bijinya.

5. Wonton Noodle

Makanan khas Hongkong satu ini adalah sejenis makanan berwujud mie kuah yang diberi berbagai pilihan topping, bisa pangsit udang, tauge,daging, potongan seledri ataupun daun bawang.

Citarasa wonton noodle ini begitu nikmat karena disajikan dengan kuah panas. Kuliner tersebut paling enak disantap saat malam hari ketika cuaca sedang dingin guna untuk menghangatkan tubuh.

Bila ingin menikmatinya, satu tempat terbaik adalah Mak’s Noodle di 77 Wellington St, Central. Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1960 ini buka mulai pukul 11.00-21.00 dan untuk harganya hanya dibanderol sekitar Rp.82.000/porsinya.

6. Bo Lo Bao

Bo Lo Bao adalah roti bulat yang renyah dan lembut berisi lapisan mentega manis. Kudapan satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu menu hidangan saat perayaan imlek.

Bo lo bao sendiri paling nikmat disantap dalam keadaan hangat dengan ditemani secangkir minuman hangat seperti kopi.

Untuk mendapatkannya, satu tempat terbaik adalah Kam Wah Cafe di 47 Bute St, Prince Edward city. Soal harga, bo lo bao biasanya hanya dibanderol sekitar 40 ribuan saja.

7. Egg Waffle

Nah, makanan selanjutnya ini pasti Sahabat JejakPiknik sudah pada kenal. Yup, Egg Waffle adalah sejenis jajanan pinggir jalan yang sangat populer di Hongkong.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu dan telur yang dibentuk bulat-bulat dan bertekstur garing serta memiliki varian rasa.

Kuliner ini banyak dijual di pinggiran jalan dan untuk harganya hanya berkisar 8HKD atau 14 ribuan saja. Nah, murah kan?

8. Lo Mai Gai

Bila dilihat sekilas, makanan ini bentuknya mirip bacang khas Indonesia. Kuliner tersebut terbuat dari nasi ketan kukus yang diisi potongan kecil daging dan kacang-kacangan lalu dibungkus dalam daun teratai.

Jika ingin menikmatinya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Fairwood di shop 32, , Sha Tin Plaza, Hongkong. Di restoran ini harga lo mai gai hanya dibanderol sekitar 27,5HKD atau 50 ribuan saja.

9. Mango Pudding

Nah, kuliner berikutnya bernama mango pudding ini adalah sejenis dessert atau pencuci mulut yang terbuat dari olahan buah mangga.

Bagi yang ingin mencicipinya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di Hui Lao Shan di Jordan Road, Hongkong. Soal harganya, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 59HKD atau 100 ribuan saja untuk 3 jenis puding mangga.

10. Buns

Dan makanan khas Hongkong terakhir adalah Buns, sejenis roti kukus yang di dalamnya diisi dengan daging babi. Kuliner ini biasanya disajikan dalam wadah bambu, sama seperti dim sum.

Jika ingin mencicipinya, Tim Ho Wan di 9-11 Fuk Wing Street adalah tempat terbaik. Di restoran ini, harga buns dibanderol mulai 10-26HKD atau 14 hingga 47 ribuan saja.

error: Content is protected !!