Wisata  

10 Rekomendasi Wisata Taman Cantik di Daerah Medan Yang Asyik Buat Melepas Penat dan Stres

idfakta.com – Kalau lagi bosan nongkrong ke mall, sepertinya taman bisa menjadi pilihan alternatif. Selain bikin kantong hemat, keberadaan objek wisata alam ini juga sangat cocok buat menenangkan diri dari setumpuk rutinitas harian.

Memang yang namanya taman atau ruang terbuka hijau di Medan agak sulit ditemukan, ya karena jumlahnya cukup terbatas.

Namun jika hanya buat sekedar bersantai atau berolahraga dan hunting foto maupun gambar kece, ada beberapa tempat layak untuk direkomendasikan.

Nah, untuk itu kami sudah rangkum 10 daftar nama taman terbaik di sekitar kota Medan yang pastinya instagenic dan bisa membuat facebook Sahabat JejakPiknik panen jempol.

Tunggu dulu, taman Medan yang dimaksud disini bukan tentang daerah Telok Panglima Garang Selangor Kuala Lumpur atau bilik maupun apartement Penaga, Cahaya di Petaling Jaya(PJ), Blok E dan Block A, Malaysia.

Apalagi Ais Kepal di Food Center Taman Medan Berjaya Langkawi, spot Dato Harun, Nook Kok Fight, Desa Mentari 3 atau Pusat Khidmat Rakyat Adun di Malaysia. Tapi yang akan kita bahas adalah mengenai ruang terbuka hijau di ibukota Sumut.

Penasaran dimana aja lokasi tamannya? Nah, langsung aja yuk disimak baik-baik ulasan dibawah ini!

1. Taman Labirin Simalem Resort

    Alamat: Jln.Raya Merek KM.9, Sidikalang, Kodon-Kodon, Kab.Karo, Sumatera Utara

    Map: Klik Disini

    No.Telp/HP: (061) 4577 616

    Jam Buka: 08.00-17.00

    Harga Tiket Masuk: Rp.50.000/orang

Ruang terbuka hijau yang berada di daerah perbukitan sebelah barat laut Danau Toba ini ialah salah satu tempat rekreasi paling wajib dikunjungi ketika berkunjung ke ibukota Sumatera Utara.

Meski jaraknya sekitar 2 jam dari pusat kota namun spot dekat Taman Iman ini hadir dengan menawarkan sederet fasilitas pendukung yang cukup mumpuni mulai dari lokasi fotografi, cafe, hotel, jungle trek hingga gardu pandang.

Untuk Sahabat JejakPiknik yang suka swa-foto, pemandangan indah Danau Toba bisa jadi latar pilihan paling recommended buat dijadikan background agar hasilnya makin instagenic.

2. Taman Cadika Pramuka

    Alamat: Jln.Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Medan, Sumatera Utara

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 05.00-19.00

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Ruang terbuka hijau berikutnya yang bisa kita jumpai di Ibukota Sumatera Utara ini adalah taman Cadika Pramuka di kecamatan Johor.

Objek satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Medan karena selain asri dan sejuk juga menawarkan bumi perkemahan serta sederet fasilitas outbound lainnya.

Meski lokasinya dekat ke pusat kota namun kawasan ini termasuk objek yang keren karena menampilkan nuansa alam indah dengan danau buatan di sekitarnya.

3. Taman Alam Lumbini

    Alamat: Desa Barus Jahe, Dolat Raya, Berastagi, Kabupaten Karo, Medan

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 09.00-17.00

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Selain menjadi objek wisata religi, spot indah dengan Pagoda megah berwarna emas ini juga termasuk salah satu tempat rekreasi favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Berkunjung kesini, Sahabat JejakPiknik tidak hanya bisa berfoto ria tapi juga dapat memetik buah strawberry segar langsung dari kebun yang ada di sekitar Lumbini ini tapi harus bayar dulu ya, biayanya hanya 10 ribuan saja per orangnya.

4. Taman Benteng Lions Club

    Alamat: Jln.Pengadilan, Medan Petisah, Kota Medan

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 24 Jam

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Nah, kalau untuk spot kece dekat Rumah Durian ini sudah sangat terkenal di Medan karena telah dinobatkan sebagai taman terluas di Indonesia.

Bukan hanya wisatawan lokal namun turis dari berbagai mancanegara juga senang berkunjung ke tempat ini.

Layaknya sebuah ruang terbuka hijau, spot tersebut juga ditanami pepohonan rimbun dan bunga untuk mempercantik areanya. Sebagai tambahan, kawasan ini juga dilengkapi jogging track buat mereka yang ingin berolahraga.

5. Taman Penangkaran Rusa Kampus USU

    Alamat: Jln.Dr.Mansyur No.58, Medan Baru, Sumatera Utara

    Map: Klik Disini

    No.Telp/HP: 0813 2830 5899

    Jam Buka: 06.00-19.00

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Walaupun lokasinya tidak luas, namun area kawasan penangkaran hewan rusa yang terletak di dalam Kampus USU ini kerap dijadikan tempat nongkrong oleh warga ibukota Sumut.

Tempat rekreasi sekaligus sarana edukasi ini memang sengaja dibangun pihak kampus untuk percobaan bagi fakultas tertentu. Disini, Sahabat JejakPiknik bisa memberi makan rusanya ataupun berfoto dengan hewan lucu tersebut.

6. Taman Ahmad Yani

    Alamat: Jln.Imam Bonjol, Medan Maimun

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 24 Jam

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Ruang terbuka hijau di jalan Imam Bonjol ini adalah salah satu tempat rekreasi gratis yang sering dikunjungi oleh masyarakat kota Medan.

Selain menyajikan pemandangan elok, ruang publik ini juga menyediakan area bermain anak serta beberapa peralatan olahraga yang cukup lengkap.

7. T Garden

    Alamat: Jati Kesuma, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 08.00-17.00

    Harga Tiket Masuk: Rp.20.000/orang

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk mendapatkan suasana romantis karena di Medan sudah ada objek wisata ala Pulau Dewata yang sangat menarik untuk dikunjungi, namanya T Garden.

Dengan mengusung konsep budaya Bali, T Garden yang dekat dengan Kebun Margasatwa ini hadir meramaikan daftar objek wisata kekinian di Medan.

Bukan hanya menawarkan spot foto instagramable, T Garden juga menyediakan jasa sewa kuda dan juga flying fox. Ke Medan, jangan sampai lewatkan membawa mereka yang kita cinta ke tempat ini ya!

8. The Le Hu Garden

    Alamat: Jln.Pendidikan, Delitua Barat, Kab.Deli Serdang, Sumatera Utara

    Map: Klik Disini

    No.Telp/HP: 0821 6804 3959

    Jam Buka: 10.00-18.00

    Harga Tiket Masuk: Rp.15.000/orang

Satu lagi objek wisata romantis ala Bali yang bisa kita temui di Medan namanya adalah The Le Hu Garden, letaknya ada di jln.Pendidikan dekat dengan Merci Park, perumahan Riviera dan juga Monaco Park.

The Le Hu Garden adalah salah satu tempat hiburan yang mengusung konsep ruang terbuka hijau asri dengan beraneka macam bunga indah seperti anggrek dan juga lainnya.

Tak hanya bunga, objek ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai seperti sepeda air, area bermain anak, lapangan sepakbola hingga ayunan.

9. Avros Park Education

    Alamat: Jln.Avros No.60B, Kampung Baru, Medan Polonia

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 09.00-18.00

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Sejak diresmikan pada 2014 lalu, sarana edukasi yang memiliki program sekolah alam ini juga menjadi salah satu tempat rekreasi favorit masyarakat ibukota Sumut.

Tak hanya ditanami dengan aneka jenis tumbuhan, Avros Park juga menyediakan wahana outbound buat para pengunjungnya. Mulai dari paint ball, flying fox, olahraga memanah dan halang rintang semua lengkap ada disini.

10. Taman Teladan

    Alamat: Jln.Sisingamangaraja, Teladan Barat, Medan Kota, Sumatera Utara

    Map: Klik Disini

    No.Telp/HP: 0852 7002 0434

    Jam Buka: 05.00-22.00

    Harga Tiket Masuk: Gratis

Ruang terbuka hijau yang berada di kawasan stadion Teladan ini termasuk salah satu spot yang tak pernah sepi pengunjung.

Pasalnya, ruang publik ini lokasinya sangat strategis dekat area kampus, sekolah dan plaza Ramayana. Berkunjung kesini, Sahabat JejakPiknik akan disuguhkan sederet aneka kuliner enak serta tempat belanja murah sesuai kantong mahasiswa.

Nah, selain info diatas, di sekitar daerah Medan juga masih punya banyak lagi spot menarik yang oke untuk dikunjungi seperti:

    Taman Nasional Gunung Leuser

    Gajah Mada Park

    Cemara Asri dekat daerah Tembung

    Hutan Kota Beringin

    Penangkaran Buaya Asam Kumbang

    Taman Eden 100 Parapat

    Taman Dewi Sibolangit

    Kampung Ladang Tuntungan

    Rajasyah Outbound

    Ekowisata Mangrove Sicanang

    Hairos Waterpark

    Salib Kasih Tarutung

    Danau Siombak Medan Marelan

    Tanah Lapang Merdeka Binjai

    Plaza Medan Fair

    Taman Firdaus dan

    Sunflower Garden

Banyak kan jumlah ruang terbuka hijau serta spot kece lainnya di kota Medan? Jadi, tunggu apalagi, langsung aja yuk buat list tujuanmu dan segera meluncur!

error: Content is protected !!