Wisata  

15 Daftar Pilihan Makanan Khas di Daerah Jawa Barat Yang Enaknya Bikin Ketagihan

idfakta.com – Jawa barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai latar belakang sejarah cukup menarik. Selain terkenal sebagai daerah penyebaran kerajaan, wilayah ini juga sangat populer karena memiliki banyak potensi wisata mengagumkan.

Selain kaya akan tempat wisata, Jabar juga mempunyai banyak lagi hal menarik lainnya yang bagus buat dieksplor seperti adat, budaya, lagu, permainan tradisional, tarian hingga makanan khasnya.

Berbicara soal makanan, Jawa Barat tidak akan ada habisnya. Pasalnya, wilayah yang berada di timur Jawa Tengah ini terkenal memiliki segudang aneka macam kuliner enak.

Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut JejakPiknik telah mengulas 15 daftar kuliner khas Jawab Barat yang paling enak lengkap beserta penjelasannya, resepnya, cara pembuatannya, asal-usulnya hingga ciri khasnya.

1. Combro

Kuliner pertama yang paling wajib dicoba saat bertandang ke Jabar namanya adalah combro, yakni salah satu contoh penganan nikmat dengan bahan utama terbuat dari singkong atau ubi.

Merujuk pada penjelasan Wikipedia, combro merupakan salah satu makanan berbahan umbi yang namanya diambil dari singkatan bahan pembuatnya yaitu “oncom di jero’.

Makanan ringan berupa gorengan ini dibuat dengan campuran bawang serta cabai sehingga tak heran citarasanya pun memberi sensasi pedas dan manis saat dilahap.

Jika ingin mencoba, Gorengan Simanalagi di Jln.Dalem Kaum No.6, kota Bandung adalah tempatnya. Untuk menyantap seporsi combronya yang enak, disini kita hanya perlu merogoh kocek 10 ribu saja.

2. Dodol Garut

Nah, melihat gambar maupun foto kuliner kedua ini pasti tidak asing lagi bukan? Sesuai namanya, kudapan tersebut asalnya memang dari daerah Garut, Jawa Barat.

Menurut keterangannya, dodol ini salah satu penganan manis dari Indonesia yang sudah mendunia. Untuk bahan bakunya, kudapan tersebut terbuat dari tepung ketan, santan serta gula dan garam.

Dodol yang dulunya hanya ada rasa original kini telah dimodifikasi dan terdiri dari beberapa varian. Selain enak dijadikan camilan, kudapan tersebut juga sangat layak dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkan produk ini bukanlah hal sulit, karena ada banyak usaha toko oleh-oleh menjual kudapan tersebut dan umumnya harganya dibanderol sekitar Rp.16.500-Rp.17.000/kg.

3. Hayam Bakakak

Tak hanya namanya terdengar unik, namun citarasa makanan berbahan hewani yang disebut dengan hayam bakakak tersebut juga terkenal sangat lezat.

Hayam bakakak adalah salah satu jenis masakan tradisional yang bahannya terbuat dari daging ayam utuh kemudian diolah sedemikian rupa menggunakan resep bumbu khusus, lalu diolah dengan cara dipanggang.

Nah, dalam penyajiannya, hayam bakakak ini biasanya dikombinasikan bersama sambal merah atau biasa juga disebut beledug.

Untuk menikmatinya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Hayam Bakakak Gosrek di Jln.Arteri Galuh Mas, Karawang. Di rumah makan tersebut harga menu ini dibanderol hanya kisaran 35-70 ribu saja sepinggan.

4. Batagor

Mendengar namanya atau bahkan melihat gambarnya, siapa tak kenal dengan batagor? Kuliner ini adalah sejenis penganan perpaduan makanan Tionghoa-Indonesia yang tergolong dalam jajanan khas Bandung.

Untuk membuatnya cukuplah mudah dimana olahan tepung tapioka dan ikan tenggiri dibungkus menggunakan kulit pangsit kemudian digoreng sebelum disajikan.

Kuliner yang biasanya disajikan bersama tahu putih dan sayur kol satu ini tak hanya nikmat, namun kandungan gizinya juga cukup tinggi.

Nah, jika ingin menikmati citarasa paling top, Batagor Kingsley di jln.Veteran No.25, Bandung adalah tempat paling pas. Mengenai harga, hanya dibanderol sekitar Rp.20.000/porsinya.

5. Tapai Ketan

Menurut pengertiannya, makanan berikutnya ini adalah jenis olahan tapai yang difermentasi dengan ragi dan biasanya dibungkus menggunakan daun pisang.

Untuk membuat tapai ketan yang asal daerahnya dari Kuningan ini bisa dibilang sangat gampang, tak jauh beda dari cara pembuatan kuliner pada umumnya.

Berburu tapai ketan juga bukanlah hal sulit karena banyak dijual di toko oleh-oleh dan untuk harga, hanya berkisar Rp.60.000-Rp.68.000/ember, tergantung ukuran.

6. Karedok

Mendengar nama kuliner satu ini banyak orang mengira jika karedok asal kotanya adalah Jakarta karena banyak ditemukan disana, namun pada nyatanya penganan tersebut asli dari Jawa Barat.

Kuliner nabati yang terbuat dari sayuran mentah dan diberi siraman saus kacang tanah ini tak hanya bercitarasa nikmat namun kandungan nutrisinya juga manfaatnya sangat bagus buat kesehatan.

Nah, jika ingin mencicipinya, warung Lotek Ibu Siti di Jln.Cihapit No.06, Bandung adalah spot paling pas buat dituju. Soal harga, cukup terjangkau hanya sekitar Rp.18.000/porsinya.

7. Cireng

Cireng adalah salah satu makanan tradisional orang Sunda yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner.

Kudapan ini bahannya terbuat dari adonan tepung sagu, kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil lalu didalamnya diisi sosis, bakso, kornet atau abon dan setelah itu digoreng sebelum dihidangkan.

Untuk menikmatinya, Cireng Cipaganti di Jln.Lamping No.17, Pasteur, Sukajadi adalah pilihan tempat paling tepat. Meski hanya kedai sederhana tapi lapak ini selalu ramai setiap hari. Selain karena enak, harganya pun murah hanya berkisar Rp.10.000-Rp.18.000 saja

8. Cilok

Cilok alias aci dicolok ini bahan serta cara pembuatannya tidak berbeda jauh dari cireng. Hanya saja, untuk penyajiannya, biasanya dikombinasikan dengan dua bumbu pilihan yakni basah atau kering.

Untuk yang basah bahannya terbuat dari saus dan kecap, sementara pilihan bumbu kering hanya menggunakan keju, BBQ , abon serta lainnya.

Jika ingin menikmatinya, Cireng Cipaganti di Jln.Lamping No.17, Pasteur, Sukajadi juga menjadi spot paling pas buat dituju. Untuk harga tak jauh beda dari cireng yakni berkisar 10-18 ribu saja per porsi.

9. Colenak

Nah, untuk makanan bernama colenak ini bahan dasarnya terbuat dari tapai singkong yang diolah dengan cara dibakar dan kerapkali disajikan bersama campuran gula jawa cair serta serutan kelapa muda.

Jika ingin mencobanya, tempat paling rekomendasi buat dituju adalah Colenak Murdi Putra di jalan A.Yani, Bandung. Selain tersedia berbagai varian rasa, di lapak tersebut harganya juga murah hanya Rp.5.000/porsi.

10. Tutug Oncom

Dalam bahasa Sunda, tutug itu artinya menumbuk. Jadi sesuai dengan pengertiannya, menu kuliner satu ini adalah sejenis penganan berbahan dasar oncom yang ditumbuk halus bersama dengan nasi.

Namun untuk proses pembuatannya, oncom harus terlebih dahulu digoreng atau dibakar agar enak ketika dikonsumsi. Kuliner tutug ini biasanya paling nikmat bila disajikan dengan tambahan ikan asin, tempe serta sambal hijau.

Bagi yang ingin menikmati citarasa paling top, warung makan T.O Rahmat di Jalan Cikalang Girang No.56, Tasikmalaya adalah tempat terbaik. Untuk harga hanya berkisar Rp.4.000 saja seporsi, namun belum termasuk lauk lengkap ya.

11. Borondong

Makanan tradisional berikut ini adalah sejenis kudapan berbahan dasar jagung yang sudah di pop corn lalu dicampur dengan kinca gula merah. Ciri khasnya biasanya dibentuk menjadi bulat-bulat.

Namun cukup disayangkan, borondong sendiri termasuk makanan langka dan hampir punah karena tergeser oleh kehadiran sederet kuliner kekinian.

Tapi meski langka, di kampung Sangkan, Ibun, Majalaya Bandung kuliner ini masih banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima dan untuk harganya, dibanderol hanya sekitar Rp.1.000/bungkus.

12. Rujak Cuka

Makanan khas Jawa Barat lainnya yang rasanya tidak kalah unik adalah rujak cuka. Kuliner tersebut biasanya paling sering disajikan saat lebaran Idul Fitri ataupun acara selamatan.

Sesuai namanya, rujak yang terbuat dari berbagai buah segar ini memang diberi cuka. Tak heran jika rasanya pun dominan asam namun tetap ada manis dan pedas. Bukan hanya orang lokal, turis dari luar kota pun gemar berburu rujak cuka tersebut.

Bila ingin mencicipinya, Sahabat JejakPiknik silahkan singgah ke Rujak Kang Noer di Cikutra, kota Bandung. Untuk harga, bisa dibilang relatif terjangkau.

13. Surabi/Serabi

Kue surabi atau serabi adalah makanan paling terkenal di Bandung. Penganan khas Indramayu ini bahan dasarnya terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan menggunakan kuali khusus.

Tak hanya kerap disajikan sebagai sarapan di pagi hari, surabi juga menjadi hidangan yang sering disediakan saat pesta pernikahan orang Sunda.

Di Jawa Barat, salah satu tempat paling pas buat menikmati serabi ini adalah Surabi Durian&Siput di jln.Gunungparang, Cikole, Sukabumi. Disini, harga seporsi menu tersebut hanya berkisar 10 ribu saja.

14. Empal Gentong

Empal gentong ini adalah makanan asli orang Cirebon berbahan dasar daging sapi yang dimasak dengan kuah kental. Sekilas, hidangan tersebut mirip seperti gulai baik dari isi ataupun tampilannya.

Nah, untuk menyantapnya, Empal Gentong H.Apud di Jln.Ir.H.Juanda No.24, Battembat, Tani Tengah, Cirebon, Jabar adalah spot paling pas dituju. Selain enak, harganya juga murah hanya 19 ribu seporsi.

15. Tahu Sumedang

Nah, kuliner terakhir ini pasti sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Yup, penganan yang terbuat dari olahan tahu tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi kenikmatannya.

Seperti namanya, tahu ini memang berasal dari Sumedang. Untuk ciri khasnya, kudapan tersebut memiliki bentuk kotak kecil dan kopong. Biasanya, paling nikmat bila disantap dengan lalapan cabai.

Untuk mendapatkan bukanlah hal sulit, karena banyak dijajakan di tepian jalan kota Sumedang dan soal harga hanya berkisar Rp.10.000 dengan isi 20 biji tahu.

Nah, Itulah sederet daftar makanan paling recommended buat dicicip dari Jawa Barat namun selain yang disebutkan diatas masih ada banyak lagi kuliner enak lainnya dan layak buat dicoba seperti misro, tahu gejrot, seblak, peuyeum, lotek, kupat tahu, nasi timbel serta ladu.

error: Content is protected !!