Wisata  

Alun-Alun Jogja, Destinasi Wisata Malam Hari Yang Tidak Pernah Terlewatkan

idfakta.com

Alamat: Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133Map: Klik DisiniJam Buka: 24 JamNo. Telp:-

Harga Tiket Masuk

HTM: GratisParkir Motor: Rp 3.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Alun2 Jogja terdiri dari dua yakni Lor dan Kidul, untuk bisa memasuki kawasan ini pun kamu tidak perlu mengeluarkan kocek tiket masuk. Paling kamu hanya akan membayar karcis parkir jikalau membawa kendaraan pribadi, untuk motor tarifnya 3ribu sedangkan mobil 5ribu.

Tak perlunya membayar tiket masuk ke Alun2 Jogja, membuat tempat ini menjadi destinasi wisata nomor wahid yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Sehingga tempat ini menjadi destinasi wisata gratis paling favorit baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

Selain sekadar duduk santai biasa, para pengunjung juga bisa menyewa beberapa alat permainan seperti penutup mata untuk melakukan aktivitas Masangin tarifnya 3ribu, sepeda Tandem 10ribu, Becsk Mini tarifnya menyesuaikan alias sesuai dengan negoan pengunjung, dan Odong2 3ribu-6ribu.

Rute Perjalanan

Alun2 Kidul Jogja lokasinya mudah sekali dijangkau karena letaknya berapa di pusat Kota. Alun2 Kidul Jogja ini pun lokasinya berdekatan dengan beberapa landmark Kota Jogja seperti Malioboro, Tamansari, dan Alun2 Utara.

Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 1,7 kilometer saja dengan estimasi waktu perjalanan menggunakan sepeda motor ialah sekitar 5 menit. Selain menggunakan sepeda motor, kamu bisa menjangkau wisata ini dengan menggunakan delman, becak, ataupun jalan kaki lho.

Rute Alun2 Jogja dari Malioboro atau Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta adalah ke arah Selatan menuju Jalan Pangurakan. Sampai di perempatan beloklah ke arah Timur melewati Jalan Alun2 Utara. Setelah melewati Jalan Ibu Ruswo, beloklah ke Selatan menuju Jalan Wijilan-Jalan Panembahan Mangkurat.

Sesampainya di perempatan Panembahan Mangkurat luruslah ke arah barat menuju Jalan Langenastran Lor sampai dengan pertigaan Alun2 Kidul Yogyakarta. Jika kamu tertarik menggunakan bus kota, pilihlah Jalur 5 dengan jurusan Plengkung Gading. Dari halte kira2 kamu harus berjalan kaki lagi selama 5 menit untuk sampai di Alun2 Kidul.

Fasilitas Alun2

Menjadi salah satu destinasi wisata malam paling favorit di Jogja, membuat tempat ini dilengkapi dengan fasilitas2 yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjung.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya seperti jasa penyewaan penutup mata untuk melalukan ritual Masangin, Sepeda Tandem, Becak Mini, Odong-odong, Penjual makanan dan minuman, jajanan sd seperti cilok, otak2, tempura, roti bakar, jagung bakar, wedang ronde dan juga wedang bajigur.

Tentang Alun2 Jogja

Seperti yang kita ketahui bahwa Kota Yogyakarta mempunyai dua Alun-alun, yaitu area Kidul yang biasa digunakan sebagai tempat bermain dan bersantai oleh para wisatawan atau masyarakat lokal dan wilayah Utara memiliki fungsi sebagai lokasi penyelenggaraan acara2 massal.

Sebelum dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja, tempat ini dulunya pada masa Kasultanan Yogyakarta digunakan untuk tempat melatih ketangkasan dan latihan perang para prajurit keraton seperti memanah sambil duduk bersila, berkuda, lomba adu harimau, dan masangin.

Awal mula ritual Masangin berasal dari latihan konsentrasi yang dilakukan oleh prajurit keraton tersebut. Dimana para prajurit akan ditutup matanya lalu dilatih untuk berjalan melewati dua pohon beringin yang berada ditengah2.

Dari situlah muncul mitos, siapa saja yang bisa melewati kedua pohon beringin itu dengan mata tertutup maka niscaya permohonannya akan terkabul. Sampai dengan saat ini tidak ada satu orang pun yang berhasil melewati Pohon Beringin tersebut, meskipun sudah berkonsentrasi namun arahnya selalu saja berbelok.

Aktivitas Menarik

1. Menikmati Kuliner Khas Jogja

Salah satu aktivitas yang tidak boleh sampai dilewatkan begitu saja saat berada di Alun2 Kidul Jogja ialah menikmati Kuliner Khas Jogja. Kuliner Jogja yang ada di kawasan ini macamya cukup banyak, rasanya enak, dan harganya pun sanga terjangkau.

Kuliner yang bisa kamu nikmati seperti Sate Klatak, Gudeg, Angkringan Kopi Jos, Bakmi Jawa, Oseng Mercon, Wedang Ronde, Wedang Bajigur, dan lain-lain. Angkringan menjadi salah satu kuliner paling banyak diburu oleh wisatawan. Kuliner Jogja yang ada disini semuanya menggoda dan menggugah selera.

2. Naik Sepeda & Odong-odong Hias

Waktu paling pas untuk mengunjungi Alun2 Kidul Jogja adalah saat malam hari. Dimana kamu bisa menyewa Sepeda Hias ataupun Odong-odong untuk berkeliling alun2. Kamu akan dibawa mengitari seluruh sisi Alun2 dengan sepeda dan odong2 yang sudah dihias dengan lampu kerlap-kerlip.

3. Ritual Masangin

Ritual Masangin menjadi salah satu aktivitas yang tidak ketinggalan juga dilakoni oleh para pengunjung Alun2 Kidul Kota Jogja.

Kamu bisa menyewa penutup mata terlebih dahulu sebelum melakukan permainan ini. Setelah itu matamu akan ditutup dan badanmu diputar2 sedikit untuk memecah konsentrasi, selanjutnya rasakanlah sendiri sensasinya berjuang melewati batas tengah kedua pohon beringin tersebut.

4. Mengunjungi Keraton Jogja

Di dekat Alun2 Kidul Jogja juga terdapat wisata lain yang bisa kamu kunjungi salah satunya yakni Keraton Jogja. Selain menjadi tempat tinggal keluarga Sultan, tempat ini juga dimanfaatkan untuk lokasi pertunjukan seni.

Bangsal yang ada di Keraton dimanfaatkan sebagai tempat untuk pertunjukan seni seperti wayang kulit, tarian tradisional, dan pembacaan naskah sastra. Selain di Keraton, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit di Meseum Sonobudoyo.

error: Content is protected !!