Wisata  

Apa Saja Daftar Universitas Terbaik di Padang, Adakah Yang Terakreditasi A Dengan Jurusan Psikologi?

idfakta.com – Padang adalah kota yang paling besar di Sumatera Barat sekaligus menjadi ibukota serta pintu masuk dari provinsi tersebut.

Tidak hanya sebagai kota terbesar saja, Padang juga dikenal sebagai pusat pendidikan yang terkemuka di luar Pulau Jawa. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai perguruan tinggi di kota ini.

Berikut ini merupakan beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Padang dan bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Simak, yuk!

1. Universitas Negeri Padang

Akreditasi: AAlamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 7053902Website: www.unp.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 2.500.000 per semester

Sesuai dengan namanya, Universitas Negeri Padang merupakan salah satu kampus negeri yang terletak di ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Kabarnya, kampus ini merupakan salah satu yang paling bergengsi di Sumatera Barat lho karena telah meraih banyak prestasi. Akreditasinya pun juga sudah A.

Ada banyak fakultas di kampus ini yang meliputi bahasa dan seni, ekonomi, ilmu keolahragaan, ilmu pendidikan, ilmu sosial, matematika dan ilmu pengetahuan alam, pariwisata dan perhotelan, serta teknik.

Selain program sarjana, kamu juga bisa kok ambil studi pascasarjana di kampus ini. Beberapa program pascasarjana yang tersedia meliputi keguruan dan pendidikan, teknologi pendidikan, serta kesehatan lingkungan.

2. Universitas Andalas

Akreditasi: AAlamat: Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 71181Website: www.unand.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 5.500.000 per semester

Ada lagi nih, salah satu kampus negeri yang tidak kalah bagus di ibukota Provinsi Sumatera Barat yaitu Universitas Andalas. Namanya diambil dari nama lain Pulau Sumatera yaitu Pulau Andalas.

Ternyata, Universitas Andalas merupakan kampus paling tua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955.

Fakultas yang terdapat di kampus ini meliputi ekonomi, farmasi, hukum, ilmu budaya, ilmu sosial dan ilmu politik, kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, kesehatan masyarakat, pertanian, peternakan, teknik, teknologi pertanian, matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta teknologi informasi.

Tidak ketinggalan, kamu juga bisa menempuh studi pascasarjana lho di kampus ini. Beberapa program studi pascasarjana yang tersedia meliputi perencanaan wilayah dan tata kota, teknik lingkungan, serta bioteknologi.

3. Politeknik Negeri Padang

Akreditasi: BAlamat: Jl. Kampus, Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 72590Website: www.polinpdg.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 1.500.000 per semester

Sesuai dengan namanya, kampus ini merupakan sebuah politeknik yang terletak di ibukota Sumatera Barat. Politeknik Negeri Padang telah berdiri sejak 1985, namun pada saat itu bernama Politeknik Negeri Andalas.

Sejak tanggal 6 Oktober 2012, kampus ini berubah nama menjadi Politeknik Negeri Padang. Kampusnya bersebelahan dengan Universitas Andalas lho.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, teknologi informasi, akuntansi, administrasi niaga, serta Bahasa Inggris.

4. Institut Teknologi Padang

Akreditasi: BAlamat: Jl. Gajah Mada Jl. Kandis Raya, Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 7055202Website: www.itp.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 7.000.000 per semester

Institut Teknologi Padang adalah sebuah perguruan tinggi swasta khusus untuk teknik. Ternyata, usianya sudah tua karena kampus ini telah berdiri sejak tahun 1973.

Tidak disangka-sangka, Institut Teknologi Padang adalah salah satu perguruan tinggi terbaik lho di Pulau Sumatera. Hal ini disebabkan karena ITP telah mencetak banyak prestasi.

Ada banyak jurusan di kampus ini dan semuanya berhubungan dengan teknik. Jurusan di kampus ini meliputi teknik geodesi, sipil, mesin, elektro, lingkungan, dan informatika.

5. Universitas Bung Hatta

Akreditasi: BAlamat: Jl. Bagindo Aziz Chan Jl. By Pass, Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 463250Website: www.bunghatta.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 5.600.000 per semester

Universitas Bung Hatta adalah salah satu kampus swasta terbesar di Provinsi Sumatera Barat. Nama kampus ini diambil dari nama proklamator Indonesia yaitu Mohammad Hatta.

Usia kampus ini sudah tua karena telah dibangun sejak tanggal 20 April 1981. Kampus ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi teknik sipil dan perencanaan, perikanan dan ilmu kelautan, hukum, ilmu budaya, teknologi industri, ekonomi, serta keguruan dan ilmu pendidikan.

6. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Akreditasi: BAlamat: Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 35711Website: www.uinib.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 2.500.000 per semester

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol adalah salah satu kampus Islam negeri yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kampus ini telah berdiri sejak 29 November 1966 sebagai cabang dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sejak tahun 2017, kampus ini pun berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol. Tentu saja, semua fakultas dan jurusan di universitas ini berhubungan dengan Islam.

Beberapa fakultas di kampus ini meliputi adab dan humaniora, dakwah dan ilmu komunikasi, ekonomi dan bisnis Islam, syariah, tarbiyah dan ilmu keguruan, serta ushuluddin dan studi agama.

Selain bisa mengambil kelas sarjana, ada program pascasarjana yang bisa kamu ambil di kampus ini lho. Beberapa jurusan untuk kelas pascasarjana antara lain ilmu ekonomi, ilmu agama Islam, keguruan dan pendidikan, serta ilmu hukum.

7. Politeknik ATI Padang

Alamat: Jl. Bungo Pasang Tabing, Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 7055053Website: www.poltekatipdg.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 1.800.000 per semester

Buat kamu yang ingin menekuni atau berkarir di bidang perindustrian, Politeknik ATI Padang bisa menjadi salah satu pilihan kampus yang bagus.

Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1974 dengan nama Akademi Teknologi Industri Padang dan hingga kini berada di bawah naungan Kementrian Perindustrian.

Tentu saja, program studi yang bisa kamu tekuni di kampus ini berhubungan dengan perindustrian yakni meliputi analisis kimia, manajemen logistrik industri agro, teknik industri agro, teknik kimia bahan nabati, serta teknologi rekayasa bioproses energi terbarukan.

8. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Akreditasi: BAlamat: Jl. Raya Lubuk Begalung, Lubuk Begalung Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 776666Website: www.upiyptk.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 2.200.000 per semester

Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer adalah salah satu kampus swasta di Padang yang berfokus pada bidang ilmu pengetahuan teknologi.

Kampus ini didirikan pada tahun 1985 dan merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi yaitu STMIK, AMIK, dan STIE.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi ilmu komputer, ekonomi, psikologi, keguruan dan ilmu pendidikan, serta desain komunikasi visual.

9. Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang

Alamat: Jl. Raya Siteba, Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 7051718Website: www.poltekkespadang.ac.id

Buat kamu yang ingin mendalami ilmu atau berkarir di bidang kesehatan, kampus ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 2002 dan merupakan gabungan antara enam akademi kesehatan di Padang.

Sesuai dengan namanya, Politeknik Kesehatan Kemenenkes Padang adalah sebuah perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Ada beberapa jurusan yang bisa diambil di kampus ini yaitu kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, gizi, ilmu keperawatan, keperawatan gigi, serta kebidanan.

10. Universitas PGRI Sumatera Barat

Akreditasi: CAlamat: Jl. Gn. Pangilun, Gn. Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 7053731Website: https://stkip-pgri-sumbar.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 2.500.000 sampai 2.700.000 per semester

Universitas PGRI Sumatera Barat adalah salah satu kampus swasta di Kota Padang. Sebelumnya, kampus ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan Sumatera Barat.

Ada beberapa program studi yang bisa diambil di kampus ini yaitu pendidikan dari berbagai pelajaran seperti biologi, sejarah, geografi, Bahasa Inggris, matematika, sosiologi, Bahasa Indonesia, ekonomi, informatika, fisika, IPS, akuntansi, PPKN serta bimbingan dan konseling.

Sejak tahun 2022 dan berubah status menjadi universitas, kampus ini mendapat izin untuk menggelar program studi tambahan yang meliputi studi humanitas, biologi terapan, sains data, kewirausahaan, serta teknologi informasi.

11. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mercubaktijaya Padang

Akreditasi: BAlamat: Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 442295Website: www.mercubaktijaya.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 3.100.000 per semester

Ada lagi nih, salah satu kampus yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk memperdalam ilmu di bidang kesehatan yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mercubaktijaya Padang.

Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1993 dan memiliki dua program studi yaitu kebidanan dan keperawatan.

12. Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Akreditasi: BAlamat: Jl. Bahder Johan, Guguk Malintang, Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0752) 82077Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 1.500.000 per semester

Institut Seni Indonesia adalah salah satu kampus yang cocok buat kamu jika ingin menekuni bidang kesenian di perguruan tinggi.

Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1965 dan memiliki dua fakultas yang meliputi seni pertunjukan serta seni rupa dan desain. Ada program pascasarjana juga yang bisa kamu ambil di kampus ini.

13. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Alamat: Jalan Syeh Burhanuddin No. 1, Korong Tiram, Ulakan Tapakis, Tapakis, Ulakan Tapakis, Tapakis, Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0751) 4735000Website: https://www.poltekpelsumbar.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Gratis

Buat kamu yang ingin kerja di bidang pelayaran, kampus ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus. Menariknya lagi, seluruh biaya pendidikan akan ditanggung sampai lulus. Selepas lulus, kamu akan memperoleh ikatan dinas.

14. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar

Akreditasi: BAlamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 137, Limo Kaum, Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0752) 71150Website: http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/login.jsp

Tidak jauh dari Kota Padang, ada Institut Agama Islam Negeri Batusangkat yang letaknya di Kabupaten Tanah Datar. Kampus ini bisa kamu jadikan tempat untuk memperdalam agama Islam.

15. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Akreditasi: BAlamat: Jl. Raya Negara Jl. Tj. Pati No. KM. 7, Koto Tuo, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0752) 7754192Website: https://pmb.ppnp.ac.id/program-studi

Buat kamu yang ingin menekuni bidang pertanian, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh adalah pilihan kampus yang bagus.

Jadi, itulah beberapa pilihan universitas dan perguruan tinggi lainnya di Padang yang bisa kamu jadikan tempat untuk menimba ilmu. Nah, yang manakah pilihanmu?

error: Content is protected !!