Wisata  

Beberapa Potret Pantai Yang Ada di Wilayah Indramayu, Manakah Daerah Yang Ada Biawak?

idfakta.com – Indramayu adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang terkenal memiliki sejumlah bahkan segudang panorama dan pesona alam sangat menakjubkan bagi siapa saja melihatnya.

Namun kali ini, kami akan mengulas beberapa daftar nama pantai terbaik dan terindah di daerah Indramayu yang wajib untuk dikunjungi.

Langsung saja ya kita simak sama-sama review berikut ini.

1. Tirtamaya

Alamat: Ds.Juntikedokan, Kec.Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 08.00-17.00HTM: Hari Biasa (Anak-Anak: Rp.6.000, Dewasa:Rp.10.000), Weekend (Anak-Anak: Rp.7.000, Dewasa Rp.12.000)

Wisata bahari pertama yang terkenal dari kota penghasil mangga ini dan paling wajib dikunjungi adalah pantai Tirtamaya di desa Juntikedokan.

Meskipun banyak legenda dan mitos menyelimuti Tirtamaya ini, namun pesona keindahannya tak serta merta luntur. Setiap harinya lokasi bahari tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Deburan ombak serta semilir angin sepoi-sepoi, menjadi magnet yang menghipnotis pengunjung untuk betah berlama-lama duduk santai disini sembari menikmati keindahannya.

Sama seperti pantai Indrayanti di Jogja ataupun Pandawa Bali, Tirtamaya ini juga terkenal sebagai salah satu spot paling istimewa yang menampilkan view sunrise dan sunset sangat indah.

2. Balongan Indah

Alamat: Jln.Raya Balongan, Indramayu Regency, West JavaMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.5.000

Meskipun tidak seindah Losari, namun objek wisata bahari yang juga dikenal dengan pantai Bali ini termasuk sebagai salah satu destinasi liburan favorit lho bagi masyarakat Indramayu.

Letaknya yang dekat dengan objek wisata Tirtamaya yakni hanya berjarak sekitar 10 km, membuat kawasan indah satu ini tak pernah sepi pengunjung baik di hari biasa, weekend maupun liburan.

Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, membuat Balongan tersebut cukup recommended bila dijadikan sebagai lokasi untuk berenang atau sekedar bermain air bersama anak-anak.

Selain itu, deretan kapal nelayan yang bersandar di tepi pantai semakin menambah keunikan bagi Balongan ini. Sehingga tak jarang, lokasi tersebut dijadikan sebagai lokasi untuk hunting foto keren.

3. Glayem

Alamat: Ds.Juntinyuat, Blok Glayem, Kab.Indramayu, Provinsi JabarMap: Klik DisiniJam Buka: 08.30-16.30HTM: Rp.5.000No.Telp: (0322)666 555

Karena memiliki keindahan yang setara dengan pantai Indrayanti, Gunung Kidul Yogyakarta, maka tak heran jika objek wisata bahari ini ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya.

Tak hanya masyarakat sekitar Indramayu saja, bahkan banyak wisatawan dari luar kota penasaran ingin menyaksikan langsung pesona indah Glayem serperti daerah Cirebon, Brebes juga Subang.

Lebih menariknya lagi, di pantai yang pernah terdampar ubur-ubur ini kita akan menemukan sebuah rumah makan terkenal dengan menu andalan ikan bakar.

4. Lestari Karangsong

Alamat: Jln.Wanasari, Ds.Karangsong, Indramayu, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: Senin-Jumat(08.00-17.00), Sabtu-Minggu(07.00-18.00)HTM: Rp.5.000

Tak hanya menawarkan pesona indah, area Karangsong juga menawarkan pengalaman baru bagi pengunjungnya, dimana kita diajak mengelilingi hutan mangrove yang tumbuh di pesisir pantai ini.

Banyak kegiatan menarik dapat kita lakukan di sekitar wilayah Karangsong ini diantaranya mancing, diving, snorkeling, wisata kuliner hingga berburu ikan segar sebagai oleh-oleh buat keluarga.

Nah, bagi yang ingin mengeksplor keindahan alam bawah laut, Anda harus menyebrang lagi sekitar 30 menit lagi untuk menuju Pulau Buaya, tempat snorkeling dan diving paling bagus di Karangsong.

5. Baro Dadap

Alamat: Ds.Juntinyat, Kab.Indramayu, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.2.000 per orang

Nah, bagi wisatawan yang sering lewat jalur pantura, mendengar nama Pantai Baro Dadap pasti sudah tidak asing lagi ya di telinga kita.

Tak hanya terkenal karena memiliki air laut yang biru jernih, tempat tersebut juga sangat populer karena menawarkan pemandangan sunset begitu memukau.

6. Cibugel

Alamat: Sukahaji, Patrol, Indramayu, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.5.000No.Telp: 0856 4322 762

Menurut para wisatawan, pantai yang merupakan tempat bermuaranya sungai Bugel tersebut termasuk sebagai salah satu destinasi wisata terbagus di daerah Indramayu.

Walaupun tidak memiliki pasir berwarna putih seperti di pantai pada umumnya, namun birunya air laut dan deburan ombaknya sangat tenang membuat tempat tersebut ramai dikunjungi.

Bahkan, objek wisata bahari Cibugel ini juga tak mau kalah. Dengan menyuguhkan pemandangan sunset yang begitu indah, membuat kawasan Cibugel ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit.

7. Eretan Wetan

Alamat: Ds.Eretan Wetan, Kec.Kandanghaur, Kab.Indramayu, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Pantai yang juga dikenal dengan sebutan Solikin ini bisa dibilang sebagai salah satu obyek wisata terbaru di kota Indramayu.

Dibangun tembok bebatuan serta dihiasi dengan deretan perahu nelayan, tanaman mangruf dan gubuk-gubuk, membuat nuansa bahari Eretan Wetan tersebut cenderung lebih alami serta asri.

Dan keindahannya kini bukan hanya dikenal oleh masyarakat sekitar saja karena sekarang sudah ada banyak konten di google ataupun youtube yang membahas gambar terkait Solikin ini.

8. Tiris

Alamat: Jln.Indramayu, Lohbener, Kab.Indramayu, Jawa baratMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.5.000

Objek wisata bahari selanjutnya yang juga cukup terkenal di Indramayu adalah pantai Tiris di pesisir laut Jawa.

Walaupun pesonanya indah namun yang sangat disayangkan adalah karena akses menuju lokasi Tiris ini sendiri masih dibutuhkan perhatian lebih dari pihak pengelola.

9. Trungtum Tanjung Pura

Alamat: Ds.Ujung, Gebang, Sukra, Kab.Indramayu, Jawa BaratMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Nah, buat yang mau liburan murah meriah, berkunjung ke pantai Trungtum Tanjung Pura di desa Gebang mungkin bisa dijadikan sebagai destinasi alternatif ya.

Tak hanya bagus untuk wisata keluarga, tempat ini juga sangat cocok buat wisatawan yang suka mencicipi aneka kuliner seafood terutama ikan bakar.

10. Pantai PLTU Sumur Adem

Alamat: Jln Sarekat, Dsn.Satria, Sumuradem Timur, Sukra, IndramayuMap: Klik DisiniJam Buka: 07.30-16.00HTM: GratisNo.Telp: (0234)5613 236

Nah, objek wisata bahari yang terletak di pantai Utara Jawa Barat ini tak hanya menyuguhkan panorama indah, namun juga kerap dijadikan sebagai tempat olahraga oleh masyarakat setempat.

Dan selain info diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi objek wisata bahari lainnya di sekitar daerah Indramayu yang bagus untuk kita kunjungi seperti :

– Cantigi Beach– Blendung Indah Cemara, Losarang– Gosong Island– Pulau Biawak– Pulau Komodo– Kepuh beach– Limbangan beach– Panjiwa Sumbermas Parean– Tebing Patrol– Patimban beach– Samboja beach dan– Pantai Tambak Udang Tegal Taman

error: Content is protected !!