Wisata  

Berburu Oleh-Oleh Khas Malaysia, Ini Dia Daftar Yang Wajib Dibeli

idfakta.com – Traveling ke luar negeri memang selalu menjadi impian setiap orang, salah satunya adalah ke Malaysia. Negara tetangga yang letaknya tidak jauh dari Kalimantan ini kerap menjadi tujuan wisata alternatif terutama masyarakat Indonesia.

Memiliki kontur negara yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia membuat sebagian orang tertarik mengunjungi negeri Jiran ini.

Berbicara tentang Malaysia, bukan hanya budaya, makanan serta pariwisatanya saja yang menarik buat dieksplor tapi varian oleh-oleh khasnya juga.

Nah, kira-kira apa saja ya oleh-oleh khas Malaysia yang terkenal dan wajib dibeli sebagai buah tangan? Langsung aja yuk kita simak daftar lengkap dibawah ini.

1. Miniatur Petronas

Menara Kembar Petronas yang berada di Kuala Lumpur memang terkenal sebagai landmark kebanggaan di negeri Jiran. Bahkan bangunan ini pernah menjadi gedung tertinggi pada tahun 1998-2004 silam.

Berkunjung ke Malaysia, katanya kurang lengkap jika kita tidak berfoto untuk mengabadikan setiap momen indah di landmark terkenal ini.

Membawa pulang menaranya memang hal mustahil tapi tenang saja kita bisa beli miniaturnya sebagai bukti shahih pernah menjejakkan kaki di landmark tersebut.

Untuk mendapatkan miniatur ini tidak sulit karena semua toko souvenir menjual barang unik tersebut dan harganya dibanderol berkisar 32-79 ribuan aja, tergantung ukurannya.

2. Milo Malaysia

Milo jadi oleh-oleh? Kok bisa? Yup, kenapa tidak. Meski mudah ditemukan di Indonesia tapi susu khas Malaysia ini rasa coklatnya lebih pekat. Sahabat JejakPiknik mesti mencobanya.

Selain karena rasanya, milo khas Negeri Jiran ini juga telah dikemas dengan menggunakan pack-pack kecil jadi praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Untuk Sahabat JejakPiknik yang ingin menambah berat badan, milo khas Malaysia tersebut juga dipercaya berkhasiat loh menaikkan BB, coba saja kalau tak percaya.

Selain murah hanya berkisar Rp.40.000/bungkus dengan isi 12 stick sachet, milo ini juga mudah ditemui di berbagai supermarket seperti Tesco, Giant atau Aeon.

3. Cokelat Durian

Buat para penggemar durian yang ingin menikmati sensasi berbeda dalam menyantap buah tersebut, jangan sampai lewatkan untuk membeli buah tangan khas Malaysia satu ini ya!

Cemilan ringan yang terbuat dari durian dan cokelat ini disebut sebagai salah satu snack paling wajib untuk dibawa pulang ketika bertandang ke Malaysia.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di pasar Seni atau Sungai Wang. Dan soal harga tak perlu khawatir karena jajanan negeri Jiran ini dibanderol murah hanya 150 ribuan aja.

4. Ipoh White Coffee

Walau white coffee merupakan minuman yang mudah di temukan di Indonesia tapi tidak ada salahnya untuk membawa Ipoh White Coffee khas Negeri Jiran sebagai oleh-oleh.

Ipoh sebenarnya nama kota penghasil white coffee yang cukup terkenal di Negeri Jiran. Daerah tersebut letaknya berada di semenanjung Malaysia tepatnya di Perak Darul Ridzuan.

Salah satu merk white coffee yang cukup terkenal adalah produk Chek Hup. Selain rasanya ringan, variannya juga banyak ada original, classic, less sugar dan king.

Sebungkus ipoh white coffee ini biasanya dijual hanya seharga Rp.55.000 saja dan bisa didapatkan diberbagai pusat perbelanjaan seperti Giant, Aeon dan Tesco.

5. Wau

Mendengar nama buah tangan khas Malaysia satu ini mungkin masih sangat asing, bahkan Sahabat JejakPiknik pasti bertanya-tanya seperti apa sih bentuk wau itu?

Nah, wau adalah layang-layang khas Negeri Jiran yang terbuat dari bambu dan kain. Bila dilihat memang tidak jauh beda dari ciri layangan Indonesia, hanya bentuknya saja sedikit unik.

Dan karena bentuknya yang unik inilah, wau kerap dibeli dan dibawa pulang sebagai buah tangan ketika berkunjung ke negara tetangga tersebut.

Untuk membelinya, pasar Seni atau sentral market adalah tempatnya. Harganya? Tenang saja, tidak akan membuat kantong bocor kok hanya 100 ribu aja.

6. Dodol

Makanan khas Malaysia satu ini sama aja dengan dodol yang ada di Jakarta ataupun daerah lain di Indonesia, baik itu dari segi bahan ataupun proses pembuatan, hanya bentuknya saja sedikit berbeda.

Meski begitu, tak ada salahnya kan membawa dodol Negeri Jiran ini sebagai buah tangan. Untuk brand paling recommended buat diburu adalah Tan Kim Hock.

Dodol ini bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan di kawasan R&R Jemapoh atau supermarket besar di sekitar Negeri Jiran, harganya hanya kisaran 30 ribu saja. Selain itu, kudapan legit tersebut juga banyak ditemui di toko-toko online.

7. Manisan Buah Kering

Berwisata ke Genting Highlands jangan hanya berpetualang saja, Sahabat JejakPiknik juga harus ingat bawa oleh-oleh yang khas dari tempat ini. Mau tau apa? Yup, manisan buah.

Meskipun manisan mudah kita jumpai di Indonesia tapi tak ada salahnya membeli makanan khas Malaysia ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tak perlu khawatir dompet habis terkuras karena manisan buah tersebut dijual dengan harga merakyat hanya Rp.15.000/kg. Murah banget kan guys?

8. Lego

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka mengoleksi berbagai macam permainan unik, lego adalah buah tangan paling wajib masuk daftar belanja.

Lego adalah sejenis permainan berupa kotak-kotak beraneka warna yang dapat disusun jadi satu benda tertentu baik berupa bangunan atau apapun. Sebenarnya mainan ini tidak berasal dari Malaysia tapi Denmark.

Untuk memburu mainan satu ini, Legoland di Nusajaya, Johor, Malaysia adalah tempatnya. Tapi sebelumnya, jangan lupa siapin uang banyak ya karena harga 1 set lego ini cukup mahal.

9. Souvenir Khas Kuching

Selain lego, membeli souvenir khas daerah Kuching sebagai buah tangan juga tentu tak kalah menarik untuk dijadikan agenda selanjutnya.

Souvenir khas kuching ini bentuknya ada banyak mulai dari ukiran kayu, kerajinan rotan, tas, topeng hingga lainnya. Selain variannya beragam harganya pun cukup murah, tentu tidak akan membuat kantong jebol.

Dan satu tempat terbaik untuk membeli aneka macam souvenir khas Kuching tersebut Main Bazaar adalah jawabannya.

10. Songket

Berkunjung ke daerah Langkawi di Malaysia, ada satu souvenir yang bisa dibeli sebagai buah tangan untuk mama di rumah, namanya yaitu songket.

Songket unik khas negeri jiran ini terbuat dari benang multi warna yang ditenun dan mirip seperti batik. Konon katanya, kain tersebut merupakan perpaduan budaya antara Cina, India serta Malaysia.

Songket ini tersedia hampir di semua toko souvenir di Langkawi dan harganya bisa dibilang sedikit agak mahal, jadi cocok buat mereka yang punya budget besar.

11. Penang White Curry

Nah, bagi pencadu mie instant, salah satu oleh-oleh khas Malaysia yang wajib untuk dibawa pulang namanya adalah penang white curry.

Mie instant khas kota Penang satu ini rasanya tidak jauh beda dengan mi sedap Kari Spesial, hanya saja kandungan MSG nya tidak begitu banyak.

Mie instant ini bisa dengan mudah dijumpai baik di minimarket atau supermarket dan soal harga hanya 27 ribu saja untuk 4 bungkusnya.

12. Bros/Kerongsang

Tak mau kalah dengan Singapura, negeri jiran Malaysia juga menyediakan buah tangan unik yang cocok untuk dijadikan sebagai item fashion namanya yaitu bros.

Selain bentuknya unik serta bervariasi, bros ini juga mudah ditemui baik di Central market, pasar Seni, Petaling street atau sungai wang dan harganya dibanderol hanya 3-25 ribuan aja.

Nah, sekian dulu ya info mengenai oleh-oleh khas Malaysia. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja.

error: Content is protected !!