Wisata  

Lokasi Wisata Danau Beratan Bali

idfakta.com – Lokasi: Batunya, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191Map: Klik DisiniHTM: Rp.20.000 (Dewasa), Rp.15.000 (Anak Anak)Buka Tutup: 24 JamTelepon: –

Keindahan Danau

Siapa tidak suka jalan-jalan, pergi berwisata melepas segala penat. Mencari destinasi wisata keren-keren yang belum didatangi menjadi kebahagiaan tersendiri.

Sebuah danau di kawasan Bedugul bernama Danau Beratan mungkin bisa jadi salah satu pilihan berlibur Anda terutama yang ingin ke Bali.

Danau ini adalah urutan kedua danau paling besar di Pulau Bali sedangkan posisi pertama adalah Danau Batur.

Danau Beratan populer juga dengan sebutan danau Gunung Suci. Di area Danau Barutan ini sangatah subur, asri, serta dingin karena letaknya yang berada pada ketinggian 1.200 meter diatas muka tanah.

Jadi, udaranya terasa sangat dingin. Danau ini memiliki fungsi sebagai irigasi untuk warga sekitar. Keberadaannya sangatlah penting untuk kelangsungan hidup masyarakat yang tinggal di kawasan dekat danau.

Suasana di tepi Danau Beratan membuat seolah berada di zaman masa silam. Di sini Anda bisa menikmati tebalnya kabut yang pelan-pelan beranjak serta letak hutan berbukit yang ada di baliknya.

Hembusan angin yang mengenai permukaan danau, mengakibatkan muncul riak kecil mengusik tenangnya air danau.

Saat awan hitam muncul, kabut lebat datang menyelimuti area Danau Beratan sehingga membuat pengalaman yang mengagumkan.

Kebanyakan para pengunjung yang datang merasakan sebuah ketenangan dan kedamaian yang belum tentu bisa diperoleh di tempat lainnya.

Posisi danau yang terletak di dataran tinggi inilah menjadikan udara dingin hingga terkadang menusuk ke tulang dan area ini sering diselimuti tebalnya kabut.

Panorama alam pegunungan yang indah di sekelilingnya berpadu dengan panorama jernihnya Danau Beratan menjadikan kawasan ini nampak amat mempesona.

Di tengah-tengah danau terletak sebuah pura. Pura tersebut sangat populer dan merupakan tempat penting namanya Pura Ulun Danu.

Pura Ulun Danu dimanfaatkan sebagai tempat untuk pemujaan. Pembangunan pura ini dilakukan oleh penduduk yang tinggal di kawasan sekitar danau.

Kepercayaan yang dianut para masyarakat sekitar adalah Hindu. Pembuatan Pura Ulun Danu khusus untuk Sang Hyang Dewi Danu sebagai ‘Pemberi Kesuburan’.

Fasilitas yang disediakan Danau Beratan lumayan cukup memadai untuk para pengunjung yang datang kesini.

Ada persewaan perahu jika ingin menyusuri danau sambil menikmati ketenangan air dan pemandangan luar biasa area pegunungan sekitar. Anda juga dapat berjalan kaki jika tidak ingin menyewa perahu.

Pengelola tempat wisata Danau Beratan juga telah menyediakan kapal boat dan sampan untuk mengelilingi danau.

Selain itu, terdapat juga warung-warung yang menjual aneka souvenir kerajinan tangan jika para wisatawan hendak membeli oleh-oleh khas daerah sini.

Berwisata ke Danau Beratan ini cukup terjangkau namun tidak akan mengecewakan jadi cukup sayang jika dilewatkan.

Danau beratan atau asal bratan bedugul Bali memiliki sejarah yang sarat akan hikmah. Ada beberapa gambar, jalan dari sanur, map, alamat, foto wisata, lokasi terletak di Bedugul dan satu kawasan dengan Pura Ulun Danu ini.

Jika informasi diatas masih kurang, Anda dapat mengakses wikipedia untuk lebih jelasnya. Ada juga artikel dalam bahasa inggris termasuk info mengenai fasilitas, letak geografi, google, hotel, hostel, beserta harga dalam kurs mata uang indonesia.

Semoga informasi, deskripsi, dari denpasar dan segala jurnal terkait tabanan, kintamani, dari kuta, hingga kedalaman dan keindahannya menginspirasi Anda.

Harga Tiket Masuk

Untuk para pengunjung yang datang hanya sekedar ingin menikmati panorama Danau Beratan bisa berhenti ditepi Jl. Raya Candi Kuning.

Dari pinggir Jl. Raya Candi Kuning, panorama keindahan danau sudah jelas terlihat tanpa harus masuk ke lokasi utamanya dan tentunya gratis karena tidak perlu membayar tiket.

Akan tetapi, jika Anda tidak puas apalagi yang telah datang jauh-jauh dari luar kota bahkan manca negara tentunya ingin menikmati keindahan panoramanya secara langsung dan masuk ke kawasan pura Ulun Danu Bratan.

Karena jika hanya menikmati dari pinggir jalan pastinya tidak bisa mengambil gambar berlatar Pura Ulun Danu Bratan.

Tiket masuk yang harus dibayar oleh para pengunjung yang datang sebesar Rp.20.000/orang dan biaya parkir mobil adalah Rp.5.000 per mobil.

Sejarah Danau

Menurut legenda yang dipercaya masyarakat sekitar khususnya atau Bali pada umumnya, Danau Beratan dahulu kala merupakan danau terbesar se pulau dewata.

Namun, suatu ketika terjadi sebuah gempa bumi yang besar dan membuat danau ini terpecah belah menjadi 3. Ketiga bagian ini adalah Danau Bratan, Danau Buyan serta Danau Tamblingan.

Kata Beratan berasal dari kata ‘Brata’ yang kemudian menjadi ‘Bratan’. Arti kata tersebut adalah mengendalikan diri. Pengendalian diri yang dimaksud adalah penutupan sembilan lubang kehidupan.

Kata tersebut biasa ditemukan di frasa ‘Tapa Brata’ yang artinya adalah bertapa/bermeditasi/bersemedi agar memperoleh sebuah ketenangan dan terintegrasi langsung dengan alam serta dapat melakukan komunikasi dengan Yang Maha Gaib.

Sejarah pembangunan Pura Ulun Danu Beratan dapat ditelisik melalui sebuah cerita yang terdapat di Lontar Babad Mengwi.

Kisah yang terangkum dalam babad Mengwi ini menceritakan tentang I Gusti Agung Putu yang merupakan seorang bangsawan. Sang bangsawan ini kalah dalam perang melawan I Gusti Ngurah Batu Tumpeng.

Supaya bisa bangkit kembali setalah pahitnya mengalami kekalahan, I Gusti Agung Putu melakukan meditasi di Gunung Mangu.

Dalam proses bertapa inilah beliau mendapatkan pencerahan serta kekuatan. Akhirnya beliau mngakhiri aktivitas persemedian di puncak gunung dan kembali dengan membangun sebuah istana Belayu atau dikenal juga dengan nama Bela Ayu.

Setelah itu, I Gusti Agung Putu kembali menantang I Gusti Ngurah Batu Tumpeng untuk berperang dan akhirnya mendapat kemenangan.

Kemudian, I Gusti Agung Putu, pendiri dari Kerajaan Mengwi membangun sebuah pura yang terletak di tepi Danau Beratan. Pura tersebut sekarang populer dengan nama Pura ulun Danu Beratan.

Dikutip juga dari Lontar Babad Mengwi, pembangunan Pura ulun Danu Beratan telah dikerjakan kurang lebih sebelum tahun 1634 Masehi /1556 Saka.

Pendirian Pura ini kira-kira juga terpaut setahun lebih dulu dari pembangunan Pura Taman Ayun. Pura ini juga dibangun oleh I Gusti Agung Putu.

Konon ceritanya setelah I Gusti Agung Putu membangun Pura Ulun Danu Beratan, kemashuran raja serta Kerajaan Mengwi semakin meningkat sehingga pendirinya memiliki julukan dari para rakyatnya yaitu I Gusti Agung Sakti.

Kisah mengenai Danau Beratan memang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Itulah kenapa pengunjung yang datang selain berlibur ke kawasan danau atau lake juga ingin mempelajari sejarah.

Informasi luas, letak, serta legenda dari tempat ini semoga membantu. FYI, danau ini tidak pernah mengering meskipun ketika kemarau.

Ada banyak wisatawan dari Malang dan seluruh pelosok Indonesia berkunjung membuat memory penglaman liburan menyenangkan di tempat yang memiliki misteri, mitos, serta manfaat ini.

Bahkan sekarang sudah ada beberapa makalah dan puisi yang menceritakan betapa hebatnya I Gusti Agung Putu.

Jarak Tempuh

Untuk sampai di kawasan Danau Beratan tidaklah sulit dikarenakan letaknya ada di pinggir jalan. Jalan tersebut merupakan penghubung daerah Kab. Tabanan dengan Kab. Buleleng.

Danau Beratan terletak di Jalan Raya Candi Kuning, Bedugul, Des. Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Jika Anda datang dari arah tempat wisata Kuta, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi danau kira-kira 2 jam atau berjarak kurang lebih 60 km.

Waktu yang ditempuh lumayan cukup lama disebabkan jalan yang harus dilalui dari Kuta ke danau hanya dua rute berlawanan.

Disamping itu, lokasi dimana Danau Beratan berada merupakan area pegunungan sehingga medan jalan cukup menanjak. Sudah diinfokan diatas kapan tempat wisata ini ditutup ataupun dibuka.

Kabupaten Tabanan adalah area yang juga ada banyak tempat wisata. Jika ada yang bertanya dimana area danau Beratan berada, artikel terkait danau di Bedug ini semoga membantu.

Sedangkan dari Bedugul menuju tempat-tempat wisata lainnya apakah juga memakan waktu lama, seberapa lama waktu dan jarak yang dibutuhkan untuk sampai di Danau Beratan.

Dibawah ini daftar jarak yang harus ditempuh jika dari Danau Beratan Bedugul ingin menuju lokasi wisata lain disekitarnya.

Jarak Menuju Joger

Siapa yang tidak tahu Joger Bali, hampir semua orang Indonesia tidak asing dengan toko untuk membeli oleh-oleh tersebut.

Joger tidak hanya ada di kawasan Kuta, di Bedugul juga ada. Untuk mencapainya dari danau, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan atau berjarak ±16 km.

Pura Taman Ayun

Untuk para wisatawan yang menggunakan jasa paket wisata tentunya akan mampir ke Pura Taman Ayun Tabanan setelah dari Danau Beratan.

Yang menarik dari Pura Taman Ayun Tabanan adalah gaya arsitektur bangunan serta taman cantik di sekitar Pura.

Tempat ini memang sesuai dengan sebutannya karena benar-benar memiliki taman yang cantik. Jarak yang dibutuhkan dari danau kesini adalah 60 menit atau ±35 km perjalanan.

Alas Kedaton

Alas Kedaton terletak di Kab. Tabanan yang memiliki daya tarik yaitu lokasinya ada ditengah hutan.

Lokasinya ini menjadikan Pura Alas Kedaton Tabanan unik juga keberadaan para monyet yang tinggal di area pura.

bagi para wisatawan yang berniat kesini setelah mengunjungi Danau Beratan butuh jarak tempuh sekitar 34 kilometer atau selama 1 jam 15 menit.

Kebanyakan para wisatawan yang menggunakan rute jalan dari Danau Beratan Bedugul ke pura Alas Kedaton, mereka akan meneruskan berlibur ke Pura Tanah Lot.

Sangeh Monkey Forest

Destinasi ini mempunyai keunikan tersendiri yang memiliki kesamaan dengan obyek wisata Alas Kedaton.

Kebanyakan para wisatawan yang menggunakan tujuan wisata ke Sangeh monkey forest daripada pergi ke tempat wisata Alas Kedaton adalah rute perjalanannya.

Setelah menikmati keunikan Sangeh Monkey Forest, para wisatawan langsung menuju ke tempat wisata di Ubud.

Dari Pura Ulun Danau Beratan Bedugul membutuhkan jarak kira-kira 31 km atau selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot memiliki keindahan panorama saat matahari hendak terbenam. Karena kepopulerannya sebagai tempat melihat sunset terbaik, para wisatawan selalu memasukkan Tanah Lot sebagai destinasi wajib didatangi ketika berada di Bali.

Saat menjelang sore hari, tempat ini dipadati para pengunjung yang ingin menikmati indahnya suasana dan pemandangan sunset disini.

Perjalanan dari Danau Beratan Bedugul ke Pura Tanah Lot memakan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit atau sekitar 51 kilometer.

Pemandian Air Panas Angseri

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi pemandian air panas setelah dari Danau Beratan, berkunjunglah ke Pemandian Air Panas Angseri Tabanan.

Meskipun banyak sekali tempat pemandian air panas tersebar di Bali namun tempat ini merupakan yang terdekat dengan kawasan wisata Danau Beratan Bedugul.

Di dekat lokasi pemandian juga terdapat sawah terasering di Jatiluwih Tabanan Bali. Anda hanya membutuhkan jarak sekitar 6 km dari lokasi pemandian air panas Angseri. Jadi bak sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Sawah Terasering Jatiluwih

Dari Danau Beratan, Anda akan butuh waktu kurang lebih 1 jam 10 menit atau sekitar 22 kilometer perjalanan. Sawah-sawah terasering Bali memang terkenal sekali keindahannya.

Persawahan ini ditata begitu rapi, hijau dan menyegarkan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Taman Kupu Kupu

Taman kupu-kupu ini lokasinya sama dan masih satu kabupaten dengan tempat wisata Bedugul, kab. Tabanan.

Taman ini lebih populer dengan julukan Bali Butterfly Park di kalangan para wisatawan. Ketika mengunjungi taman ini, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah areal taman yang berisi bermacam-macam spesies kupu-kupu.

Kebanyakan spesies kupu-kupu ditaman ini berasal dari Indonesia. Tidak hanya kupu-kupu saja yang ada disini, terdapat juga kalajengking, kumbang, berbagai jenis laba-laba hingga tarantula.

Jarak yang dibutuhkan dari kawasan Danau Beratan sebesar 32 km atau memakan waktu selama 1 jam 10 menit-an.

Pemandian Air Panas Penatahan

Disamping dekat dengan pemandian air panas Angseri, ada pemandian air panas lainnya yang dekat dengan kawasan Bedugul.

Untuk yang ingin pergi ke Tanah Lot selepas dari danau kemungkinan lebih tepat ke Pemandian Air Panas Penatahan karena lokasinya searah dengan Tanah Lot.

Dalam perjalanan kesana, Anda dapat mampir juga ke Taman Kupu-kupu Tabanan. Dari Danau Beratan ke Pemandian Air Panas Penatahan membutuhkan waktu selama 1 jam 10 menit atau jaraknya kira-kira 28 kilomter.

Taman Pahlawan Margarana

Bagi para wisatawan yang gemar berkunjung ke tempat-tempat wisata bersejarah, cobalah datang ke Museum dan Monumen Taman Pahlawan Margarana.

Tempat ini merupakan destinasi wisata sejarah yang populer di Tabanan. Disini, Anda akan belajar mengenai sejarah puputan Margarana, perang melawan penjajah, dsb.

Jarak yang dibutuhkan dari Bedugul kesini kurang lebih 30 km atau selama 1 jam perjalanan.

Semoga info peta, pengertian, pengelola, penjelasan, tau bahkan profil restaurant raya sawojajar yang memiliki view sunset ataupun sunrise indah di selatan temple.

Jika masih ingin melihat ulasan lebih banyak, cek di tripadvisor tentang provinsi, ubud timur, tiket, serta terbentuknya ulu villa, weather dari Danau Beratan.

Anda juga dapat mendapat informasi lebih banyak di wiki dengan search keyword dan masuk ke websitenya, semuanya ada termasuk di 2022.

error: Content is protected !!