Wisata  

Lokasi Wisata Pantai Melawai Kota Balikpapan Kalimantan Timur dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

idfakta.com – Alamat: Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan, Kalimantan Timur 76111Maps: Klik DisiniBuka Tutup: 24 JamHarga Tiket Masuk (HTM): Gratis

Banyak kegiatan perekonomian yang dilakukan di kawasan Pulau Kalimantan. Hal ini juga terumata kegiatan pertambangan. Banyak sekali insinyur yang datang ke sana melaksanakan tugasnya untuk mengolah sumber daya Negeri kita, Indonesia.

Balikpapan adalah salah satu kota besar kebanggan di Pulau Borneo ini. Bahkan, di Provinsi Kalimantan Timur sendiri, Balikpapan adalah kota kedua terbesar, dengan beragam kegiatan ekonomi serta potensi, setelah Ibukota Kaltim, Samarinda.

Tentu tidak heran bukan bila kota satu ini dikunjungi wisatawan baik mancanegara ataupun dari lokal. Letaknya yang berada cukup dekat dengan perairan membuat kota pelabuhan ini cukup ramai. Beberapa orang sengaja transit beberapa waktu untuk menikmati keindahannya.

Lokasi Dimana

Menilik lokasi wisata menarik di kawasan Balikpapan, tentu kita tidak akan lupa dengan Pantai Melawai, kawan. Pantai Melawai rupanya digunakan sebagai lambang atau ikon bagi pemuda-pemudi dalam menikmati waktu bersantainya.

Pantai Melawai berada di kawasan administrasi kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman. Letaknya tidak begitu jauh dari Pelabuhan Semayang. Dekat pula dengan Teluk Banua Patra.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Melawai, selain menjadi kawasan nongkrong anak muda, juga sangat mudah untuk dijangkau. Kemudahan akses ini tentu menjadi salah satu kriteria banyak pengunjung ingin menikmati waktu bersantai.

Sobat traveler bisa mencapai kawasan wisata ini dengan menggunakan beragam transportasi. Baik kendaraan pribadai ataupun angkutan kota. Bila memilih unutk datang dengan menaiki angkot, silakan mencari jalur nomor 6.

Sementara itu, jarak antara Pantai Melawai dengan pusat pemerintahan kota Balikpapan hanya sekitar 3 km atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10-15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Daya Tarik

Selain memiliki banyak potensi wisata, pemerintah Balikpapan juga gencar sekali dalam mengelola sumber daya mereka. Potensi ini sangat bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan, devisa (bila berasal dari luar negeri) negara.

Pantai Melawai juga sering disebut sebagai cermin dari Kota Balikpapan. Hal ini karena ketika berada di Pantai Melawai, seakan-akan sobat traveler bisa mengerti, memahami, serta menikmati setiap kegiatan yang berlangsung di Kota Pelabuhan ini.

Bagi para fotografer, tentu lokasi ini adalah spot optik menarik untuk mengambil beberapa foto dan gambar. Karya yang memberikan ciri khas serta kisah dari Kota Balikpapan bisa kalian dapatkan melalui Pantai Melawai.

Mengapa demikian kawan? Kira-kira bagaimana sih kondisi pemandangannya? Di sekitar patai terdapat beberapa bangunan serta fasilitas umum yang biasa digunakan masyarakat kota Balikpapan. Dari pantai, kalian juga bisa menikmati beragam aktivitas penduduk lho.

Dari laut misalnya, kita akan bisa menikmati pemandangan kapal-kapal, baik besar ataupun kecil, beserta juga dengan perahu nelayan. Kalian juga akan bisa melihat kapal tanker, tongkang, ataupun melihat kegiatan bongkar muat barang melalui Pelabuhan Semayang.

Lain halnya ketika kita mengarahkan pandangan ke daratan. Di sana akan tampak lalu lalang kendaraan bermotor yang melintasi kawasan Jalan Jendral Sudirman. Terdapat juga bangunan, gdung, perkantoran di sekitarnya.

Rekan-rekan juga akan bisa menangkap beragam arsitektur bangunan lain seperti hotel dan kafe melalui Pantai Melawai. Benar-benar menarik bukan kawan. Pantai Melawai seolah adalah suatu titik untuk menikmati beragam pemandangan di Balikpapan.

Rupanya, sejarahnya, kawasan ini bukanlah suatu ‘pantai’ seperti yang biasa kita kunjungi kawan. Rekan-rekan tidak akan mendapatkan pasir putih seperti kapuk ataupun bentuk tanah yang landai. Misteri ini terjawab karena sejatinya, Melawai ini adalah bibir laut.

Batu Karang

Batu karang serta tembok yang dibuat dari beton, rupanya adalah suatu penghalang, pagar pembatas antara lautan dan daratan. Sementara itu, di atas tembok beton tersebut, terdapat jalur transportasi kendaraan yang sangat aktif digunakan.

Kawan, menikmati sunset di Pantai Melawai bukanlah suatu isapan jempol belaka. Rupanya, masyarkat sekitar Balikpapan tidak begitu sering bisa menikmati pengalaman indah satu ini. Hal ini karena letak Balikpapan yang berada di ujung timur pulau Borneo.

Letak geografis ini memudahkan Balikpapan untuk menikmati pemandangan sunrise, bahkan bisa dikatakan salah satu spot terbaik. Namun, kondisi ini juga menghalangi masyarakat untuk sekedar menikmati sunset seperti di kawasan lain.

Penduduk yang ingin menikmati sunset, sering sekali pergi ke Pantai Melawai. Karena terletak di suatu teluk dan tidak memiliki penghalang pemandangan ke arah Barat, lokasi ini adalah tempat sempurna untuk menghabiskan waktu menikmati indahnya karya ciptaan Tuhan.

Selain bisa menikmati sunset, sunrise, rekan-rekan juga bisa melihat beberapa pulau kecil yang berada di sekitar kawasan timur Borneo. Beberapa diantaranya adalah Pulau Babi atau Tukung. Diberi nama demikian karena di kawasan ini banyak sekali terdapat Bulu Babi.

Rekan-rekan juga bisa mencapai pulau dengan berjalan. Letaknya tidak begitu jauh dari Pantai Melawai. Tentu dengan catatan bila air laut sedang surut, ya, kawan.

Fasilitas Yang Ada

Salah satu yang dicari pengunjung selain pemandangan dan suasana pantai, adalah kulinernya. Seafood sudah menjadi kegemaran banyak kalangan. Di tempat ini, juga tersedia beragam makanan khas olahan pantai.

Sambil menikmati pemandangan, rekan-rekan bisa memesan beberapa jenis seafood. Bisa dipesan ketika pagi, siang ataupun malam. Kesemuanya memiliki keindahan pemandangan tersendiri.

Bila malam menjelang, rekan-rekan bisa sambil menikmati makanan, melihat kelap-kelip lambu kapal. Kafe di sekitar pantai juga tetap dibuka dengan beragam pilihan menu, mulai dari snack hingga makanan berat.

Beberapa warung juga memilih untuk memberikan konsep lesehan, atau makan dengan tanpa menggunakan kursi. Hal ini akan menambah efek menarik ketika berada di sekitar pantai.

error: Content is protected !!