Wisata  

Pantai Trisik Kulon Progo Yogyakarta

idfakta.com

Lokasi: Brosot, Kulon Progo, Daerah Istimewa YogyakartaMap: Klik DisiniHTM: Rp.2.000Buka Tutup: 05.00 – MalamNomor Telepon: –

Pantai Trisik adalah pantai pertama yang berada di Kab Kulon Progo yang bisa ditemui saat Anda melaju dengan melalui lintasan Bantul-Purworejo. Pantai Trisik adalah salah satu pantai yang begitu diandalkan.

Panorama dari Pantai Trisik saat pagi hari atau pun sore hari begitu mempesona. Tidak jauh dari Pantai Trisik ini, Anda bisa menemukan kebun kelapa dan persawahan milik penduduk yang berwarna hijau.

Pemandangan ini begitu bagus dinikmati oleh penduduk kota yang bosan dengan pekerjaan yang sangat melelahkan. Pantai Trisik berlokasi di Brosot, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau sekitar 37 kilometer dari arah Yogyakarta.

Suasana Pantai

Bukan hanya memberikan panorama pantai yang begitu indah. Pantai Trisik memberikan panorama yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul atau pantai-pantai di Jogja yang lainnya.

Pantai Trisik sangat layak untuk Anda telisik. Di sekitar Pantai Trisik, Anda bisa menikmati suasana pelelangan ikan, kegiatan nelayan hingga konservasi penyu.

Kegiatan ini sebenarnya layak untuk dikembangkan dan menjadi alat untuk menarik wisatawan jika pengelolaannya secara serius, inovatif dan kreatif. Namun, hingga sekarang, potensi tersebut tidak digunakan dengan baik oleh penduduk.

Eksotisnya pendesaan pesisir dan dunia perikanan akan menjadi pemandangan Anda saat tiba di Pantai Trisik. Ada juga begitu banyak perahu motor yang sering digunakan warga untuk mencari ikan.

Selain pemandangan tersebut, Anda bisa mencoba menghampiri warung-warung sederhana yang dibuat dari “gedheg” untuk membeli es degan atau makanan lain.

Begitu Istimewa

Pantai Trisik mempunyai ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan pantai lain di Jogjakarta yakni suasana pedesaan pesisir yang sangat terasa.

Rumah warga, gubug yang digunakan sebagai warung makan, hingga pantai begitu berdekatan. Berbagai macam aktivitas warga di sekitar wilayah pantai juga semakin memperkuat suasana pedesaan di pesisir.

Tempat pelelangan ikan juga menjadi tempat yang akan Anda temui saat berada di wilayah Pantai Trisik.

Pelelangan ikan memang menjadi salah satu lahan penghidupan warga yang berprofesi sebagai seorang nelayan, seringnya kesibukan di tempat pelelangan ini dimulai ketika nelayan selesai melaut.

Dengan membeli ikan di tempat pelelangan ini, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, dibandingkan dengan harga yang berada di pasaran. Selain itu ikan-ikan segar ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Keistimewaan Pantai Trisik yang lainnya adalah, pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis burung yang berterbangan di angkasa.

Pantai Trisik merupakan salah satu persinggahan burung migran yang berasal dari berbagai macam wilayah, jenis burung yang bisa Anda lihat seperti trinil pantai, trinil rawa, kedidi leher merah, cerek kalung kecil, dan masih banyak lagi.

Ada juga burung-burung non migran seperti walet sapi, kuntul kerbau, udang biru. Keistimewaan ini yang membuat Pantai Trisik begitu potensial untuk dijadikan sebagai sebuah objek wisata.

Selain pasir pantai dan ombak pantai yang terlihat bagus, kegiatan penduduk dan seluruh kekayaan alamnya sangat menarik wisatawan domestik atau pun mancanegara.

Sebelum sampai di Pantai Trisik, Anda akan menemui aktivitas warga desa pesisir pantai. Kanan dan kiri jalan, Anda akan menjumpai warga desa yang menggunakan panas matahari di wilayah pantai untuk pengeringan enceng gondok, yang didapatkan warga dari Ambarawa.

Enceng gondok yang sudah dikeringkan, disetor pada pengrajin untuk dibuat sandal, tas dan berbagai kerajinan yang lainnya.

Hasil kerajinan ini biasanya disetor ke pengusaha kerajinan untuk di proses kembali menjadi lebih cantik. Para pengrajin yang berada di kota biasanya akan menambahkan sentuhan lain sehingga kerajinan semakin cantik.

Asyiknya Berwisata

Dengan indahnya pemandangan di Pantai Trisik, Anda bisa menghabiskan waktu di Pantai Trisik seperti sekedar berfoto bersama teman, menikmati keindahan sembari minum es degan, atau melakukan berbagai kegiatan yang lainnya.

Jika ingin merasakan suasana pantai yang lebih teduh, kunjungi Pantai Trisik saat sore hari.

Nuansa sejarah di Pantai Trisik masih begitu kental, contohnya saja setiap 1 Syuro Bulan Jawa, di Pantai Trisik diselenggarakan sedekah laut untuk permohonan keselamatan nelayan, budaya ini sudah dari zaman dahulu hingga 2022 sekarang.

Biasanya pedagang makanan akan ramai di hari Minggu atau di hari libur. Biasanya para pengunjung hanya mengambil gambar dengan latar belakang pantai. Jadi, bila Anda ingin pergi ke Pantai Trisik saat hari kerja, lebih baik Anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Pantai Trisik mempunyai ombak yang cukup besar, saat masuk ke arah Pantai Trisik, Anda akan menemukan larangan mandi di pantai ini. Bila Anda membawa buah hati, jangan lupa menggandeng mereka setiap saat dan jangan sampai lepas dari pengawasan Anda.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di Pantai Trisik ini tergolong terjangkau, hanya Rp 2.000 saja per orang. Harga ini tergolong sangat hemat, karena Anda bisa menikmati berbagai suasana dalam satu tempat. Untuk parkir mulai dari Rp 3000 hingga 10000 untuk mobil.

Rute Menuju Lokasi

Sebetulnya, jalan menuju ke Pantai Trisik ini cukup mudah. Jika Anda dari Yogyakarta, Pantai Trisik hanya perlu ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam saja menggunakan perjalanan darat.

Untuk sampai di Pantai Trisik, Anda bisa menggunakan jalur Bantul-Purworejo, dengan melewati Palbapang dan Srandakan.

Sesudah sampai di Srandakan, segera melanjutkan jalan ke arah Brosot. Dari daerah ini, tempuh perjalanan sepanjang 5 kilometer ke Pantai Trisik.

Untuk melanjutkan perjalanan, Anda bisa menggunakan andong (kereta kuda dari Yogya). Bila masih bingung, Anda bisa mengandalkan Google Map untuk mencapai Pantai Trisik.

Saat perjalanan menuju ke Pantai Trisik, Anda akan dijamu dengan pemandangan persawahan yang sangat indah. Kulon Progo memang salah satu lumbung padi Jogja, jadi tidak mengherankan jika ada begitu banyak sawah di sini.

Anda tidak perlu cemas karena jalan menuju Pantai Trisik sangat baik, walaupun tidak banyak transportasi publik yang bisa diakses di sini.

Jika tidak ingin repot, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Bila Anda berasal dari luar kota, dan menempuh perjalanan dari Jogja, Anda bisa menyewa kendaraan seperti motor atau mobil di sana.

Fasilitas Yang Ada

Memang, fasilitas yang berada di Pantai Trisik untuk pengunjung belum terlalu memadai, selain itu bangunan juga kurang terawat dengan baik dan terkesan rusak.

Namun, Anda tidak perlu cemas karena terdapat deretan warung yang dibuka oleh warga sekitar sehingga bisa mengobati adanya keterbatasan fasilitas di sana.

Di warung-warung yang disediakan warga, pengunjung bisa mencicipi berbagai camilan atau pun minuman pelepas dahaga dan camilan lain yang tidak kalah lezat.

error: Content is protected !!