Wisata  

Pesona Unik Pantai Dampo Awang di Pusat Kota Rembang

idfakta.com – Alamat: Rembangan, Tasikagung, Kabupaten Rembang, Jawa TengahHTM: Rp. 10.000Jam buka/tutup: 07.00–20.00Map: KlikDisini

Bila dibanding dengan jenis objek wisata pantai lainnya, Pantai Dampo Awang yang ada di pusat kota Rembang ini memiliki keunikan tersendiri, sebab selain menawarkan panorama keindahan pantai, Dampo Awang juga dilengkapi dengan taman rekreasi.

Sebelum pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta, pantai ini dulu lebih dikenal dengan nama Taman Rekreasi Kartini, namun sekarang, nama resminya berubah menjadi Pantai Dampo Awang.

Sejarah Pantai Dampo Awang

Nama Dampo Awang sendiri diambil dari nama jangkar bersejarah yang ada di tempat wisata tersebut dan konon katanya, jangkar itu adalah jangkar milik seorang musafir asal Tiongkok, Sam Phoo Khong yang sedang berlayar di Laut Jawa untuk melakukan ekspedisi ke Selatan.

Sayangnya, kapal tersebut diterjang gelombang ganas sehingga mengakibatkan kapal menjadi rusak berat hingga rantai kapal terlepas dan jangkar seberat 4 ton itu terdampar tepat di pantai di daerah Rembang ini.

Sementara itu, bagian layar kapal terlempar angin topan dan kemudian terdampar di Pantai Bonang yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Watu Layar (Batu Layar).

Fasilitas Menarik yang Ada di Pantai Dampo Awang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Dampo Awang beach ini merupakan destinasi wisata yang memadukan antara panorama keindahan tepi laut dan juga taman rekreasi.

Oleh sebab itu, tentu saja pihak pengelola pantai ini melengkapinya dengan berbagai fasilitas menarik, diantaranya seperti berikut ini:

1. Anjungan tepi laut, di sini Anda bisa menikmati semilir angin dan pesona keindahan laut yang ada di sekitar pantai Dampo Awang

2. Panggung hiburan, terkadang di pantai ini akan digelar berbagai pertunjukkan menarik

3. Taman bermain anak, di sini, anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas bermain, misalnya seperti wahana bermain mandi bola, becak air, bom bom car, kereta putar, mini bioskop 3D

4. Kolam renang

5. Tempat duduk untuk bersantai menikmati pemandangan, tak perlu khawatir dengan teriknya matahari, sebab pihak pengelola pantai ini menempatkan tempat duduk di bawah pohon rindang

6. Perahu wisata, yang akan membawa Anda ke beberapa pulau kecil yang letaknya ada di utara pantai ini

7. Danau buatan lengkap dengan mainan bebek kayuh

8. Banana boat

9. Warung-warung yang menjual minuman dari buah kawis, buah khas kota Rembang

10. Kios oleh-oleh/cenderamata

Selain beragam fasilitas menarik itu, masih ada 2 jenis fasilitas yang sepertinya akan sangat jarang Anda temukan saat berkunjung ke pantai, yaitu kebun binatang mini dan fasilitas outbond.

Di Pantai Dampo Awang ini, anda akan bisa melihat berbagai satwa mulai dari burung langka, buaya, ular, kura-kura raksasa serta ikan langka. Anda bisa menemukan lokasi kebun binatang saat menuju pintu keluar pantai ini.

Sementara itu, letak fasilitas outbond berada di sekitar kebun binatang mini, berbagai jenis pohon rindang yang ada di tempat tersebut dimanfaatkan pihak pengelola dengan menjadikannya sebagai flying fox.

Semua fasilitas yang tersedia di Pantai Dampo Awang ini bisa Anda nikmati hanya dengan menyiapkan budget untuk membeli tiket masuk yang tarifnya hanya sebesar Rp. 10.000 saja.

Untuk ukuran sebuah objek wisata yang sangat indah dan lengkap dengan berbagai fasilitas menarik, tentu saja tarifnya termasuk sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Rute Menuju Pantai Dampo Awang

Sebenarnya untuk bisa mencapai Pantai Dampo Awang ini sangatlah mudah, sebab alamat pantai ini terbilang strategis. Jika dilihat dari peta, pantai ini berada di sebelah barat gedung DPRD dan Kantor Bupati Rembang.

Atau lebih tepatnya ada di sebelah utara jalan pantura Rembang serta sebelah utara Kodim/Polres Rembang. Jika masih bingung menemukannya, tentu saja Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi peta yang ada di smartphone atau google maps.

Berbicara mengenai jalur akses menuju pantai, sudah pasti Anda tidak perlu mengalami kesulitan sebab letak pantai yang ada di pusat kota Rembang,

sehingga jalur aksesnya sangatlah mulus sehingga bisa dilalui berbagai jenis kendaraan, bahkan cukup banyak pula transportasi umum yang bisa Anda gunakan agar bisa menuju pantai Dampo Awang.

Jadi, apabila Anda sekarang sedang merencanakan liburan ke Jawa Tengah, tak ada salahnya saat Anda sedang melewati jalur pantura, Anda mampir sejenak untuk menikmati keindahan pantai yang dilengkapi dengan beragam fasilitas unik dan menarik ini.

Liburan ke pantai memang akan membuat Anda sejenak melupakan stress yang diakibatkan kesibukan sehari-hari, apalagi jika Anda berlibur bersama orang-orang tersayang.

Melihat keceriaan orang-orang yang Anda sayangi saat mereka bermain air di pantai tentu akan menambah energi dan semangat Anda untuk terus membahagiakan mereka.

error: Content is protected !!