Wisata  

Situ Gede Tasikmalaya

idfakta.com – Lokasi: Desa Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kabupaten Tasikmalaya 46181Map: Klik DisiniHTM: Rp.2.000 per Anak dan Rp.4.000 per Orang DewasaBuka Tutup : 24 JamTelepon : –

Kota tasikmalaya jawa barat, menyimpan berbagai macam jenis obyek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Di kota ini, anda akan menemukan destinasi wisata lengkap mulai dari wisata bahari sampai wisata air.

Untuk jenis wisata terakhir yakni wisata air, bagi anda yang menyukainya, maka anda bisa memuaskan dahaga liburan anda dengan berkunjung ke situ gede tasikmalaya.

Dengan modal keindahan danau dan segala fasilitas penunjang miliknya. Situ ini telah berhasil memikat puluhan hingga ratusan wisatawan untuk datang setiap musim liburan tiba.

Lebih Dekat

Selain dikenal dengan nama situ gede, danau ini juga sering disebut dengan nama situ agung. Penamaan situ gede, digunakan untuk mewakili arealnya yang memang cukup luas.

Ya. Situ gede memiliki luas kurang lebih 47 hektar, permukaan airnya tenang dengan kedalaman dasarnya mencapai 6 meter. Dengan areal seluas itu, mungkin pertama kali melihatnya, anda akan mengira bahwa tempat ini adalah lautan. Tapi percayalah, tempat ini hanyalah sebuah danau.

Selain dijadikan sebagai tempat rekreasi. Situ gede juga merupakan sumber air untuk mengairi lahan pertanian masyarakat sekitar danau. Dengan airnya yang selalu melimpah, kebutuhan pengairan bagi para petanipun selalu tercukupi.

Daya Tarik

Meskipun hanya sebuah danau. Namun situ gede tasikmalaya memiliki spot-spot menarik yang membuatnya tidak membosankan untuk dikunjungi. Apa saja spot-spot tersebut ?

    Gazebo terapung

Jika di tempat lain biasanya gazebo dibangun di atas tanah. Maka di situ gede ini gazebonya dibangun di atas air tengah danau. Di dalam gazebo ini anda bisa menikmati keindahan danau sembari mendudukkan badan di atas kursi yang telah disediakan.

Selain itu, di gazebo-gazebo ini anda juga bisa bersantai sambil memejamkan mata menikmati suasana hening dan tenang untuk melepas segala penat dalam diri.

Lalu. Jika anda tertarik untuk mengabadikan momen saat berada di tengah danau. Maka anda juga bisa memanfaatkan gazebo-gazebo ini sebagai spot untuk mengambil foto.

Kadang ada juga beberapa pengunjung yang bahkan menjadikan gazebo-gazebo ini sebagai latar untuk foto prewedding mereka.

    Taman situ gede

Jangan kira bahwa anda hanya bisa menikmati liburan dengan main air seharian di situ gede. Jika anda bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, maka anda bisa memilih untuk menikmati suasana alam di taman yang ada di situ ini.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di taman situ gede. Selain duduk santai di tempat duduk yang telah disediakan oleh pengelola. Anda juga bisa menjadikan taman ini sebagai lokasi untuk berfoto.

    Pulau kecil di tengah danau

Salah satu spot yang menjadi ciri khas dari situ gede tasikmalaya adalah sebuah pulau kecil seluas 1 hektar yang berada di tengah-tengah danau. Pulau ini, selalu membuat pengujung penasaran karena kemistisannya.

Selain ditumbuhi oleh bermacam-macam flora dan ditempati oleh beragam fauna. Di pulau ini juga terdapat tiga makam yang sampai sekarang masih menjadi misteri bagi para pengunjung bahkan masyarakat sekitar.

Namun yang jelas. Masyarakat sekitar danau memang mempercayai bahwa ketiga makam tersebut memiliki kaitan erat dengan terbentuknya situ gede. Tenang, hal ini akan kami ulas lebih lengkap dibagian sejarah situ gede tasikmalaya.

Sejarah Mitos

Kita ulas kembali mengenai asal muasal atau sejarah yang melatarbelakangi adanya tiga makam yang terletak di pulau kecil di situ gede tasikmalaya.

Begini ceritanya.

Alkisah dahulu kala ada seorang alim yang merupakan keturunan wali yang sangat gemar mengasingkan diri ke tempat-tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Orang alim tersebut bernama eyang Prabudilaya.

Sampai akhir hidupnya. Eyang prabudilaya dipercaya hanya memiliki dua orang istri yang masing-masing bernama sekar karembong dan sembahdalem.

Awalnya kedua istri eyang prabudilaya tidak mempermasalahkan mengenai kebiasaan eyang prabudilaya yang sering meninggalkan mereka untuk melakukan ritual-ritual pengasingan diri.

Sampai suatu ketika. Karena eyang prabudilaya terlalu lama meninggalkan rumah. Kedua istrinya tersebut, bersepakat untuk mencari eyang prabudilaya ke lokasi pertapaannya.

Singkat cerita akhirnya ditemukanlah eyang prabudilaya oleh kedua istrinya. Di sinilah kejadian yang sampai saat ini masih belum terpecahkan penyebabnya itu terjadi. Setelah menemukan keberadaan eyang prabudilaya. Kedua istrinya lantas membunuh si eyang prabudilaya di tempat pertapaannya.

Mengetahui pemimpinnya telah meninggal. Pengawal yang selalu menyertai eyang prabudilaya dalam setiap ritualnya pun, segera membawa eyang prabudilaya ke tengah pulau yang berada di situ gede tasikmalaya untuk dimakamkan.

Dari sepenggal cerita diatas. Para pengunjung dan masyarakat sekitar situ gede akhirnya mempercayai sebuah mitos ghaib yang agak sedikit menyeramkan.

Entah benar atau tidak. Kadang-kadang ada beberapa pengunjung yang mengaku melihat sosok kakek-kakek tua berjanggot putih yang datang mengganggu pengunjung nakal yang berada di pulau kecil itu.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa siapa saja yang datang ke situ gede bersama pasangan yang belum halal. Maka hal buruk akan menimpa mereka. allahua’lam.

Rute Menuju Lokasi

Situ gede tasikmalaya berlokasi di kecamatan mangkubumi tasikmalaya. Apabila anda datang dari pusat kota tasikmalaya. Maka anda hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 30 menit mengendarai motor atau mobil.

Rute perjalanan yang bisa anda lalui juga cukup mudah. Dari kota tasik anda hanya perlu menyusuri jalan Ir. H. Juanda untuk sampai ke lokasi situ gede.

Untuk anda yang merupakan pengunjung yang datang dari luar kota tasikmalaya. Maka gunakanlah kota ini sebagai patokan untuk mempermudah perjalanan anda selanjutnya.

Harga Tiket Masuk

Setelah sampai di lokasi situ, sebelum bisa benar-benar memasuki areal danau, anda sebelumnya harus membayar tiket masuk seharga Rp. 4.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Apabila datang dengan kendaraan pribadi, maka anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 1000 untuk sepeda motor dan Rp. 2.500 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Yang Ada

Untuk memuaskan pengunjung. Pihak pengelola lokasi wista situ gede sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang diantaranya:

    Musholla

    Kamar mandi

    Jogging track

    Areal parkir

    Perahu

Fasilitas yang ada memang terbilang masih standar. Melihat jumlah pengunjung situ gede yang setiap tahunnya selalu bertambah, maka sudah seharusnya pihak pengelola mulai berfikir untuk menyediakan fasilitas tambahan seperti penginapan, pusat-pusat infomrasi dan yang lainnya.

error: Content is protected !!