Wisata  

Taman Sakura Blitar, Objek Wisata Anyar Yang Menghipnotis Milenials

idfakta.com – Alamat: Kemloko, Sidodadi, Garum, Blitar, Jawa Timur 66182Map: Klik DisiniJam Buka: 09.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)No. Telp: 0815 5588 3323WhatsApp: 0815 8626 8870

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 10.000Parkir Motor: Rp. 5.000Parkir Mobil: Rp. 10.000

Blitar merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata cukup besar. Baru-baru ini Blitar meluncurkan objek wisata baru yang bernama Istana Taman Sakura. Meskipun belom genap setahun dibuka namun Taman Sakura Blitar ini banyak diserbu wisatawan bukan hanya dari Blitar saja tetapi luar kota juga lho.

Sejak awal dibuka yakni bulan Juni 2022 lalu sampai sekarang, peminat Taman Sakura tidak pernah sepi bahkan terus bertambah. Menurut perkataan sang owner yaitu Harjito, pengunjung Taman Sakura Blitar setiap harinya rata-rata mencapai 700-3500 wisatawan.

Salah satu alasan mengapa Taman Sakura Blitar ini sukses diburu oleh wisatawan ialah karena budgetnya yang cukup ramah dikantong. Harga tiket masuk Taman Sakura dibanderol dengan kocek sebesar 10ribu saja.

Menariknya, supaya lebih menampilkan suasana yang ‘Jepang’ banget disini juga disediakan jasa sewa kostum kimono lho. Untuk kostum kimono wanita harga sewanya yaitu 20ribu sedangkan laki-laki tarifnya ialah 15ribu. Harga sewa tersebut juga sudah termasuk properti payung dan topi.

Jalan Menuju Lokasi

Selain menawarkan sensasi liburan yang berbeda dengan tempat lain, Taman Sakura Blitar ini juga berlokasi di tempat cukup strategis dan mudah di akses nih. Lokasi daripada Taman Sakura Blitar berada di Desa Kemloko, Ngelegok, Blitar.

Akses jalan menuju lokasi wisata sudah mulus dan mudah dilalui berbagai macam kendaraan seperti motor dan mobil. Karena hal inilah para wisatawan lebih mudah dalam menjangkau dan menemukan lokasi wisata hits ini, sekalipun tempatnya berada di kawasan perkampungan.

Lokasi dari Taman Sakura sendiri berdekatan dengan Candi Penataran yang ada di Kota Blitar. Dari Candi Penataran jarak menuju Taman Sakura kira-kira sekitar 16 menit saja. Sedangkan jika dijangkau dari pusat Kota Blitar maka jaraknya sekitar 14,5 kilometer atau setara dengan 30 menit perjalanan.

Rute menuju Istana Sakura dari Kota Blitar bisa melalui Jalan Raya Blitar-Garum. Dari perempatan Garum ke arah utara (ke kiri) kemudian ikuti jalan sampai dengan Pasar Kutukan. Dari perempatan pasar belok ke kiri, dari sana sudah banyak tersedia papan petunjuk arah menuju Taman Sakura.

Agar lebih mudah menuju lokasi wisata kamu nggak usah bingung, cukup buka dan ikuti petunjuk maps diatas atau bisa juga memanfaatkan aplikasi navigasi yang ada di smartphone-mu seperti waze misalnya. Taman Sakura Blitar sendiri buka dari jam 8 pagi sampai dengan 5 sore, guys.

Fasilitas

Taman Sakura merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar yang meskipun masih anyar namun fasilitasnya sudah cukup memadai lho. Disini kamu bukan hanya bisa menemukan aneka spot foto saja namun banyak fasilitas dan wahana lain yang nggak kalah seru.

Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Taman Sakura diantaranya ada rest area, panggung musik, cafe bernuansa Jepang, mushola, area parkir luas, toilet, tempat penyewaan kimono, mini gazebo dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan hanya ditunjukan untuk para milenials, namun Taman Sakura ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga lho. Buat kamu yang membawa Si Kecil disini juga terdapat kolam renang lengkap dengan permainan bola raksasanya.

Selain itu untuk para orang tua yang sedang menunggu anak-anak berenang, disini juga disediakan fasilitas terapi ikan lho. Jadi selain berburu foto, berenang dan kulineran kamu juga bisa sekalian relaksasi diri, kan?

Bahkan bukan hanya itu saja lho guys, disini kamu juga bisa menemukan gerai oleh-oleh yang menyediakan banyak souvenir dan camilan khas Blitar untuk dijadikan sebagai buah tangan sebelum kembali ke rumah serta dibagikan kepada sanak keluarga.

Spot Foto Instagenic

Bisa dibilang hampir semua sudut di Taman Sakura Blitar ini bisa dijadikan sebagai latar belakang foto lho. Bukan hanya replika bunga sakura dan Gunung Fujiyama saja, namun disini kamu juga bisa menemukan spot lain yang nggak kalah epic.

Beberapa spot instagenic yang bisa kamu buru di Taman Sakura diantaranya ada rumah tradisional khas Jepang atau disebut Minka. Supaya terlihat mirip seperti aslinya, rumah tradisional tersebut diberi hiasan gumpalan salju di bagian atapnya.

Tak lupa juga supaya lebih terlihat otentik, rumah-rumah tersebut juga dilengkapi dengan deretan lampu taman ala Negeri Matahari Terbit. Selain itu kamu juga bisa berfoto di depan sebuah taman kecil yang ditengah-tengahnya terdapat sebuah teko arak raksasa.

Kedepannya Taman Sakura ini akan diperbanyak spot foto yang kece dan instagramable abis. Tujuannya ialah supaya para pengunjung tidak merasa bosan dan lebih memiliki banyak pilihan ketika hendak mencari spot foto.

Pesona Taman Sakura

Dari namanya saja pasti kamu sudah menduga kalau Taman Sakura Blitar ini merupakan salah satu destinasi wisata yang mengusung konsep seperti Negara Sakura yakni Jepang. Yap, dari pertama masuk saja kamu sudah disambut dengan banyaknya replika bunga sakura yang berdiri kokoh di sepanjang lorong.

Bukan hanya Bunga Sakura namun disini kamu juga akan menemukan replika Istana Jepang dan juga Gunung Fujiyama. Karena terlihat epic dan instagenic tak heran jika banyak milenials yang tertarik untuk berswafoto disini.

Luas dari Taman Sakura Blitar sendiri ialah mencapai 2 Ha yang ternyata juga ditanami oleh Bunga Tabebuya lho guys. Salah satu daya tarik lain yang dimiliki oleh Taman Sakura Blitar ialah dengan adanya penyewaan kimono.

Bukan hanya suasananya saja, namun sang pemilik ingin para pewisata benar-benar merasakan sensasi seperti benar-benar sedang berada di Jepang. Setelah puas berswafoto, kurang afdol jika ke Taman Sakura Blitar tanpa mencicipi aneka kuliner khas Negeri Samurai di Cafe bernuansa Jepang.

Disana kamu bisa mencicipi aneka panganan yang berasal dari Jepang namun dengan kocek lebih terjangkau. Selain menawarkan suasana ala Jepang, Taman Sakura Blitar juga memberikan sensasi ala negeri China dan Korea.

Menariknya lagi Taman Sakura ini bukan hanya diburu sebagai wisata selfie saja lho tetapi ada nilai edukasinya juga. Para pengunjung bisa menikmati paket edukasi yang terdiri dari pembuatan tahu Jepang dan seni origami.

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati paket edukasi ini, wisatawan cukup membayar biaya tambahan sebesar 20ribu saja, murah kan? Karena ini Taman Sakura Blitar sangat cocok untuk semua kalangan dari anak-anak, muda-mudi dan dewasa.

Selain dikunjungi secara pribadi, Taman Sakura Blitar juga kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata kunjungan kelompok seperti anak-anak sekolah dan rombongan kantor, lho. Pokoknya wisata satu ini oke dan recommended banget deh buat menghabiskan waktu akhir pekan.

So, buat kamu yang belum mempunyai cukup tabungan untuk liburan ke Jepang, sepertinya Istana Taman Sakura Blitar ini bisa dijadikan alternatif sementara nih. Selain lebih hemat biaya, kamu juga tidak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang, bukan?

error: Content is protected !!